Kepala LLDIKTI XIV Papua, Dr Suriel Semuel Mofu: Pendidikan UNBN Meningkatkan Kualitas Anak-Anak Papua

164

SORONG, Monitorpapua.com – Dalam rangka wisuda Strata Satu, Universitas Nani Bili Nusantara, Kepala LLDIKTI XIV Papua, Dr Suriel Semuel Mofu mengatakan Pemekaran Tanah Papua membutuhkan anak-anak Papua untuk bekerja maka perlu pendidikan agar memajukan bangsa, harus ada lowongan kerja bagi anak-anak Papua setelah mereka wisuda.

Hal ini dikatakan Kepala LLDIKTI Dr. Suriel Semuel Mofu dalam sambutan wisuda 72 wisudawan. Mofu mengatakan kehadiran provinsi di Tanah Papua terbentuk untuk anak-anak Papua, maka anak-anak Papua harus mendapat pendidikan yang layak. Mereka harus belajar untuk mengetahui dan menguasai ilmu pengetahuan sehingga pada waktunya mereka datang kuliah dan mereka akan pergi untuk berkarya. Selamat untuk para wisudawan-wisudawati,” ucap Dr. S. Mofu.

“Kehadiran lembaga pendidikan tinggi UNBN memiliki tanggung jawab untuk provinsi PBD, UNBN memiliki lulusan terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara RI khususnya di PBD,” kata Mofu.

Kepala LLDIKTI XIV Papua mengingatkan seluruh wisudawan bahwa atas nama Menteri Pendidikan Riset dan teknologi, ijazah yang dikeluarkan memiliki Standar Nasional.
“Untuk mahasiswa, gelar kesarjanaan dan ijazah yang dikeluarkan adalah ijazah nasional yang telah diterbitkan. Wisuda adalah ukuran kualitas Perguruan Tinggi. Wisudah merupakan ukuran standar nasional.

Maka ada dua pesan yang ingin saya sampaikan, kata Kepala LLDIKTI XIV Papua.
Pertama, Saya berjalan di dataran Moi, tidak ada cahaya, dalam perjalanan itu, saya melihat wanita yang berdiri di jalan, saya bertanya namanya Rahab Kabera di Seget, ada rumah yang gelap, ada yang rumahnya terang. Mengapa demikian? Kegelapan akan lenyap seketika ketika lampu bernyala. Itulah Lampu itu pengetahuan.

“Anda yang wisuda harus terangi diri sendiri dan terangi orang lain. Ciri khas sarjana adalah menggunakan akal sehat untuk berpikir dan bertindak mendapatkan kebenaran yang tidak terbantahkan. Itulah ciri khas seorang sarjana.

Pesan kedua, Sekarang anda sudah lulus, ciptakan lapangan kerja bukan mencari kerja. Cara menciptakan pekerjaan adalah mintalah kepada Tuhan. Rahasia kehidupan yang ada melalui Inspirasi dari Tuhan.

Kemudian perlu niat atau intention, attention atau perhatian, yang terakhir perlu Tindakan dan Kualitas. 5 poin penting bagi wisudawan sehingga 72 lampu harus menyalah menerangi semua orang di mana saja.  Akhirya, Mofu berpesan “Jangan lepaskan Tuhan,” ucapnya.

Sambutan Penjabat Gubernur PBD diwakili Kepala Dinas Kesehatan PBD, Dr. Naomi Sagrim. Pihaknya mengucakan selamat atas keberhasilan para wisudawan-wisudawati UNBN Sorong. “Atas nama Pemerintah Provinsi Papua Barat, kami menyampaikn penghargaan dan ucapan selamat atas keberhasiannya menyelesaikan pendidikan di UNBN Sorong.
Terimakasih juga kepada orangtua dan seluruh civitas akademika yang ikut andil dalam proses mendidik anak-anak Papua.

“Ketahuilah bahwa hari ini bukanlah akhir dari perjuangan melainkan awal pendewasaan dan perjuangan sesungguhnya. Saya yakin, UNBN memiliki daya juang sehingga mampu melahirkan inovasi baru sesuai bekal ilmu yang kalian miliki. Selamat dan suskses selalu para wisudawan-wisudawati UNBN,” ucap Naomi Sagrim mewakili Pj. Gubernur PBD. (Laurent R)

- Iklan Berita 2 -

Berikan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini