Makna Nama Adat Kebadabi Pastor Papua Pertama

0
221
Pastor Dr.Neles Tebay, Pr saat menerima penghargaan pejuang HAM di Korea Selatan
- Iklan Berita 1 -

JAYAPURA, Monitorpapua.com – Pastor Dr. Neles Tebay, Pr ketika ditahbiskan pada tahun 1991 diberikan Nama Adat Kebadabi oleh keluarga asalnya. Secara adat orang Mee, Kebadabi memiliki arti pembuka pintu agar tersedia jalan bagi orang dapat masuk dan keluar.

Dari nama adat itu Pastor Dr. Neles Kebadabi Tebay, Pr sudah membuktikannya. Dalam pengalaman hidupnya sebagai Pastor, Neles Tebay adalah Pastor Papua pertama yang mengenyam pendidikan di Manila dan dilanjutkan pendidikan di Roma.

Disamping itu, Pastor Neles juga adalah Pastor Papua pertama yang mendorong perdamaian di Tanah Papua. Berdasarkan makna nama adat itu, ketika ditahbiskan sebagai Imam dalam Gereja Katolik, Pastor Neles Tebay memakai moto Tahbisan Kebadabi.

Melalui moto itu, Pastor Neles Tebay yakin dan percaya bahwa Allah Tritunggal menuntun dan membimbing jalan hidupnya. Selamat jalan Kebadabi. Tuhan menerima engkau di Surga. Amin, ucapan dan doa para Imam, umat dan rakyat serta keluarga besar di Jayapura Papua. (Red-MP/P. H. Lobya/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.