Mgr. Hilarion Datus Lega Tahbiskan Imam Asli Papua Pastor Martin Hombahomba, Pr

0
430
- Iklan Berita 1 -

FAKFAK, Monitorpapua.com – Pastor Martin Hombahomba, anak asli asal Suku Torea, Fak-Fak, Papua Barat, menerima tahbisan suci sebagai Imam dari Uskup Manokwari-Sorong, Mgr. Hilarion Datus Lega di Gereja Paroki St. Paulus, Wagom, Fak-fak, Minggu, 23 Agustus 2020.

Umat Katolik di Kota Pala Fakfak memadati Gereja Katolik merayakan misa tahbisan sekaligus menyaksikan upacara tahbisan Imam Katolik. Umat yang berhimpun menyaksikan tahbisan imam Pastor Martin Hombahomba dihadiri oleh umat Katolik dan juga umat Muslim, termasuk beberapa keluarga Pastor Marthin yang beragama Islam.

Selain itu, dalam perayaan Misa syukur ini dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan adat Suku Torea, para imam yang berkarya di Keuskupan Manokwari Sorong termasuk Kabupaten Fak-fak, wilayah pelayanan Keuskupan Manokwari-Sorong. Juga hadir para Suster biarawati.

Masyarakat setempat sangat bersyukur kepada Tuhan lebih dari satu abad benih iman ditaburkan, baru kali ini ada pastor asli yang lahir dan dibesarkan dari Suku Torea yang mendiami beberapa wilayah di Kabupaten Fakfak.

“Tahbisan Pastor Martin Hombahomba membuat kami percaya bahwa penyelenggaraan Allah sungguh terjadi di Kota Fakfak,” ungkap umat yang hadir. Dan Peristiwa bersejarah ini menjadi perayaan semua umat di wilayah Wagom. Tampak semua masyarakat baik yang beragama Katolik, Islam dan GKI. Keterlibatan umat adalah bentuk dukungan dan kerukunan umat beragama di Kota Fakfak. Prosesi penyambutan kedatangan Imam baru
Martin Hombahomba berlangsung dengan meriah dengan tarian adat

Peristiwa yang sangat sakral itu, menarik perhatian seluruh umat untuk terus mendoakan Martin Hombahomba. Maka Uskup Penabhis, Yang Mulia Mgr. Datus Lega dalam khotbahnya mengharapkan Pelayanan sejatinya.

Uskup Datus Lega, mengisahkan perjalan hidup dan kesaksian hidup Rasul Paulus menjadi motto hidup Pastor Martin Hombahomba sebagaimana dikutip dalam Surat kedua Rasul Paulus kepada Timotius adalah ketika semua orang berbalik dari cara car hidup yang lama menuju cara hidup baru. “Tujuan pelayanan bukan pertama-tama untuk kepuasan seorang Imam untuk itu tanamkan dalam hati bahwa kepuasan pelayanan adalah ketika semua orang berdosa bertobat,” ujar Uskup KMS

Pastor Martin Hombahomba yang telah menerima tahbisan Imamat bersyukur atas rahmat Tahbisan dan berterima kasih kepada Yang Mulia Mgr. Datus Lega. Ia mendapat tempat untuk memberkati umat yang hadir dalam tahbisan Imamatnya.

Pastor Martin Hombahomba mendapat tugas baru sebagai Wakil Sekretaris di Keuskupan Manokwari Sorong berhatap dukungan doa tulus seluruh seluruh umat Katolik dan umat yang hadir juga mereka yang tidak sempat hadir dalam.tahbisan cuci ini supaya Pastor
Pastor Martin Hombahomba dapat melayani Tuhan dalam karya dan pelayanan. “Selamat Menerima Tahbisan Suci. Tuhan Memberkati,” doa umat Fakfak.

Yang Mulia Mgr. Datus Lega sebelumnya telah menabhiskan Daniel Gobay tahbisan 6 Agustus 2020 di Paroki Sto. Kristoforus Prafi-Manokwari Provinsi Papua Barat. “Kini jumlah Imam Diosesan di Keuskupan Manokwari Sorong sudah mencapai 76 orang. “Sebelum saya menjadi Uskup di Keuskupan Manokwari Sorong hanya ada 22 Imam KMS,” kenang Uskup Datus Lega. (Ren/MP)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.