Musrembang Kabupaten Sorong Bicarakan Stabilitas Pembangunan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

0
38
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Komandan Korem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri yang diwakili oleh Pasi Ter Korem 181/PVT Mayor Cpm (K) Salomina Toam menghadiri kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kab Sorong Tahun 2022 yang dipimpin Bupati Kabupaten Sorong DR. Drs. Jhony Kamuru, SH., M.Si dengan tema “Meningkatkan Stabilitas Pembangunan Guna Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat”. Bertempat diruang rapat Baperlitbang (Bappeda) Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong, Jumat (28/5)

Kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Sorong Tahun 2022 diawali laporan Kepala Baperlitbang Kab. Sorong Septinus Lobat, S.H., M.Si di antaranya

Pertama, Sistem perencanaan pembangunan nasional dan Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan dan Peraturan Pelaksanaan.

Kedua, Penyusunan program kerja dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kampung pada Januari kemudian di tingkat distrik pada bulan Februari dan pada hari ini apa yang sudah disepakati bersama antara distrik dan kampung digunakan pada Tahun 2022.

Ketiga, Melaporkan dalam penyusunan program Tahun 2020 berdasarkan Peraturan Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pembagian DBH Migas Otsus sebesar 33% dalam bentuk program pemberdayaan masyarakat adat di wilayah ring 1, pemerintah daerah Sorong belum dapat mengakomodir dengan baik, hal itu dikarenakan Perdasus ditetapkan diakhir Tahun 2019, sehingga pemerintah daerah pada Tahun 2020 tidak bisa mengalokasikan dana sebesar 33% untuk masyarakat adat di wilayah ring 1.

Dalam Sambutannya Bupati Kab. Sorong DR. Drs. Jhony Kamuru, SH., M.Si menyampaikan bahwa pemerintah daerah dan pemerintah pusat selalu bekerjasama dan saling berkaitan guna menumbuhkan perekonomian daerah, pertumbuhan ekonomi daerah juga berhubungan erat dengan kegiatan yang dilaksanakan didaerah sehingga secara otomatis dapat menumbuhkan perekonomian yang ada di daerah. Bupati Kab. Sorong mengajak semua komponen dan seluruh lapisan masyarakat Kab. Sorong agar tetap semangat dan kuat dalam menghadapi situasi yang saat ini masih belum stabil dampak dari pandemi Covid-19 dalam membangun Kab. Sorong.

Bupati Sorong DR. Drs. Jhony Kamuru, SH., M.Si menambahkan beberapa arahan dari Bapak Presiden RI Ir. H Joko Widodo terkait dengan belanja daerah, masalah ekonomi dan jalan nasional serta program daerah harus jelas target dan sasarannya, harus sesuai perkembangan dan permasalahan yang ada didaerah dengan berbasis data daftar penerima manfaat dari pelayanan harus sesuai dengan sasaran dan berorentasi pada pendapatan daerah termasuk program pemerintah daerah harus menyentuh kepada semua lapisan masyarakat. (*/J.Girsang/MP)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.