Pangdam XVIII/Kasuari Dampingi Gubernur Papua Barat Kunker Sorong

0
30
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantasia, SE., M.Tr (Han) mendampingi kunjungan kerja Gubernur Prov. Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan beserta rombongan dalam rangka penyerahan hewan kurban dan peninjauan Serbuan Vaksinasi di wilayah Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, Senin, (19/07/2021).

Kunjungan kerja dimulai dari penyerahan hewan kurban di Mesjid AT-Taqwa, Jl. Nusa Indah, Kelurahan Klaru, Distrik Mariat, Kabupaten Sorong.

Gubernur Provinsi Papua Barat menyerahkan sebanyak 5 ekor sapi untuk Kabupaten Sorong dan 12 ekor sapi untuk Kota Sorong serta 1 ekor sapi dari Presiden RI dengan total jumlah keseluruhan sebanyak 18 ekor sapi,

Gubernur Prov. Papua Barat juga menyerahkan bantuan masker dan obat hewan kepada Pemda Kabupaten Sorong, diterima secara simbolis oleh Wakil Bupati Kabupaten Sorong Suka Harjono, S.Sos., M.Si.

Gubernur Dominggus Mandacan dalam sambutannya menyampaikan berkaitan dengan hari besar Idul Adha hadir di tengah-tengah masyarakat menjelaskan penyerahan hewan kurban, secara simbolis menyerahkan kepada masyarakat, berat hewan kurban ini seberat 900 Kg.

“Hewan kurban ini dari Bapak Presiden RI yang akan saya serahkan kepada masyarakat untuk dikurbankan pada 20 Juli 2021 yang akan diberikan kepada masyarakat yang layak menerimanya serta pemerintah Prov. Papua Barat juga akan menyerakan 5 ekor untuk Kabupaten Sorong dan Kota Sorong sebanyak 12 ekor, semua hewan kurban ini akan saya serahkan semuanya di tempat ini di Masjid At-Taqwa”, ucap Gubernur.

“Fasilitas dan sarana yang ada agar kita bisa pergunakan sebaik-baiknya dan data kita sampai saat ini yang positif 15. 902 jiwa dan yang sembuh 1.1627, hal ini sangat cukup luar biasa tingkat kesembuhan, sekali lagi tetap kita ikuti protokol kesehatan dan sesuai kepercayaan kita kepada TYME agar kita selalu diberikan kekuatan dan kesehatan”, imbuhnya.

Dalam kesempatan ini juga, Gubernur Prov. Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan yang didampingi Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantasia, SE., M.Tr (Han) beserta rombongan, meninjau pelaksanaaan kegiatan Serbuan Vaksinasi Sinovac Covid-19 Tahap I masyarakat Maritim TNI AL Pasmar 3 Sorong secara masal yang dipimpin oleh Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi bertempat di Pendopo Alun-alun Jln. Sorong Klamono Km 19 Kelurahan Malagusa Distrik Aimas Kab. Sorong.

Kadis Kesehatan Kab. Sorong dr. Rooney Kalesaran dalam laporan singkatnya menyampaikan Kabupaten Sorong menerima Vaksinasi sebanyak 21.950 pieces, yang sudah 5.136 orang dan itu masih kita lakukan Vaksinasi di seluruh Puskesmas dan tenaga kesehatan. Kegiatan ini sangat didukung oleh TNI Polri bersinergi dalam pelaksanaan Vaksin. Kami Pemerintah Kabupaten Sorong selalu mendorong Bupati untuk selalu mengedepankan bagaimana kita untuk mengejar masyarakat bisa menerima Vaksin.

Pangdam XVIII/Ksr Mayjen TNI I Nyoman Cantasia, SE., M.Tr (Han) dalam arahannya juga menyampaikan kita mendapat perintah untuk melaksanakan action-action vaksinasi karena ini adalah senjata kita untuk bisa kebal dan tidak terkena oleh Covid-19. Di samping itu juga kita harus sehat dan selalu menerapkan prokes. Untuk itu sekali lagi mari kita persenjatai diri kita untuk menambah imun melalui vaksin dan ini tidak semua negara mendapatkan vaksin dan kita bersyukur negara kita bisa mendapatkan vaksin.

“Kita selalu melaksanakan pendekatan kepada masyarakat, yang dilakukan oleh pemerintah harus diikuti namun untuk kedepannya aturan tersebut diperpanjang ataupun tidak kita masih memantau hal tersebut. Mari kita patuhi aturan pemerintah karena ini merupakan tindakan dan kegiatan kita demi melindungi masyarakat. Pelaksanaan PPKM Darurat kita akan rubah menjadi PPKM diperketat dan selanjutnya menjadi PPKM Mikro sehingga kita bisa menjalankan kehidupan yang normal kembali. Kita jangan terlalu berpatokan terhadap obat medis, yang pada intinya bagaimana kita tetap sehat dan terus membangun”, terang Pangdam.

Gubernur Prov. Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan juga menambahkan ucapan terima kasih kepada TNI Polri dan ASN karena kita sudah bekerjasama untuk melaksanakan instruksi dari Mendagri dalam rangka menerapkan PPKM di wilayah Prov. Papua Barat. Untuk itu mari untuk kita semua jangan bosan untuk tetap mengajak masyarakat agar mengubah perilaku dan mematuhi semua instruksi pemerintah daerah dan disampaikan agar selalu mematuhi Prokes.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan berupa masker dari Gubernur Prov. Papua Barat beserta pejabat lainnya kepada masyarakat yang sudah melaksanakan Vaksin yang dalam hal ini diterima oleh Bupati Sorong secara simbolis.

Selesai meninjau pelaksanaaan kegiatan Serbuan Vaksinasi Sinovac Covid-19 Tahap I masyarakat Maritim TNI AL Pasmar 3 Sorong secara masal di Pendopo Alun-alun Jln. Sorong Klamono Km 19 Kelurahan Malagusa Distrik Aimas Kab. Sorong, dilanjutkan dengan peninjauan pelaksanaan Serbuan Vaksinasi serta pembagian sembako dan masker kepada masyarakat di Poliklinik Doyo Polres Sorong Kota Jln. Pramuka No. 1 Sorong Papua Barat dan disambut oleh Walikota Sorong Drs. Ec. Lambertus Jitmau, MM.

Walikota Sorong Drs. Ec. Lambertus Jitmau, MM dalam sambutannya menyampaikan kami tidak menduga penyebaran Covid 19 ini semakin meningkat terus, per hari ini kasus positif yang semula 80,98% meningkat menjadi 86,22%, ini suatu hal yang sangat memprihatinkan dan kami terus berusaha untuk memerangi wabah Covid 19 ini.

“Perlu kami sampaikan kepada Bapak Gubernur dan seluruh Forkopimda Prov. Papua Barat bahwa di Kota Sorong memiliki 7 rumah sakit, yang 2 diantaranya milik Pemkot Sorong yaitu RS Selebisolu dan RS Rujukan Covid, yang semuanya memili dokter dan perawat. Saat ini Pemkot Sorong miliki 64 dokter yang bekerja di RS Selebisolu dan RS Rujukan Covid yang 19 diantaranya merupakan dokter spesialis”, terang Walikota

“Terkait dengan penanganan Covid 19, untuk RS Selebisolu memiliki 150 tempat tidur dan untuk RS Rujukan Covid memiliki 200 tempat tidur serta untuk kantor Diklat Kota Sorong memiliki 200 tempat tidur, jadi tempat tidur untuk penanganan Covid 19 kami telah siapkan sekitar 600 tempat tidur. Untuk tenaga medis kami memiliki dokter 64 orang dan untuk perawat 5000 s.d 6000 tenaga medis yang yang tersebar di 2 RS dan 10 Puskesmas yang kami tempatkan 3 atau 4 Dokter dan sudah dilengkapi dengan ruang rawat inap dan poli pemeriksaaan”, pungkas Walikota.

Adapun rombongan dalam kunjungan kerja Gubernur Prov. Papua Barat dan Pngdam XVIII/ksr diantaranya Kapolda Papua Barat Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, S.IK.,M.Si., Kabinda Papua Barat Brigjen TNI Vincentius Satiawan, AsopsdamXVIII/KSR Kolonel Inf. Lucky Avianto, Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor, Kajati Papua Barat Dr. Wilhelmus Lingitubun, SH.,MH., Ketua MRP Papua Barat Maxsi Ahoren, Kadis Koperasi Prov. PB Stefanus Selang, Kadis Perindag Prov. PB George Yarangga, Kadis Kesehatan Prov. PB Otto Parorongan, Kadis Peternakan Prov. PB Hendrikus Fatem, Karo Kesra Setda PB Edward Dowansiba, Karo Adm. Pimpinan Setda PB Yohanes Nauw, Kadis BPBD Prov. PB Derek Ampnir, S.Sos.,M.M. (*/J.Girsang/MP)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.