Pastor Aloysius Susilo, Pr Ketua KOMSOS KMS Adakan Pelatihan Jurnalistik di Pulau Doom

0
222

SORONG, Monitorpapua.com – Ketua Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Manokwari Sorong, Pastor Aloysius Susilo PR mengundang seluruh perwakilan Komsos dari Paroki Kristus Raja Kampung Baru, Paroki Emaus, Paroki Santo Arnoldus Janssen Malanu, Paroki Santo Petrus Remu Paroki Santo Yohanes Pembaptis, Paroki Santo Bernadus Aimas, Paroki Kristus Raja Kampung Baru juga sejumlah wartawan untuk membagikan ilmu tentang Komunikasi Sosial melalui media cetak dan Elektronik TV, Radio, Cyber Online, pembuatan vidio, film kepada umat Paroki Santa Maria Bintang Laut (MBL) di Pulau Doom Kota Sorong Papua Barat, Minggu 15 Maret 2020.

Pada kesempatan itu hadir umat Katolik MBL didampingi Pastor Paroki sebagai Ketua Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Manokwari Sorong (KMS), Ketua Dewan Pastoral Paroki (DPP) bersama Wakil Ketua DPP, umat Paroki termasuk Orang Muda Katolik (OMK), Remaja dan Mahasiswa, bertempat di Pendopo “Deo Gratias” Paroki MBL Doom.

Usai Misa Kudus, sekitar pukul 11.00 Wit Ketua Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Manokwari Sorong (KMS), Pastor Aloysius Susilo, Pr, tampil sebagai pemateri pertama menjelaskan apa itu KOMSOS dengan memaparkan visi-misi serta sejumlah slide pendukung lainnya, relasi dengan Paroki KMS, pembuatan media, tampil di layar TV dan Radio untuk membawa ‘Kabar Sukacita Injil’ kepada dunia. Ketertarikan umat mendengar dan berdialog dengan Pastor Aloysius membuat suasana menjadi lebih bersemangat ketika memasuki materi penulisan dan penyampaian informasi atau berita melalui penulisan jurnalistik yang dipaparkan Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Laurentius Reresi, M.Pd., Komsos dari Paroki Santo Yohanes Pembaptis.

Hasil pantauan Monitorpapua.com peminat menjadi jurnalis di Paroki MBL mulai banyak dengan pelatihan sehari. Kesulitan mereka adalah kurangnya pendampingan pelatihan menulis dan cara menyampaikan informasi ke media. Inilah hasil liputan sejumlah penulis MBL dipublikasikan Monitorpapua.com

Wiwik mewakili Ibu-Ibu Paroki “Hari ini Minggu 15 Maret 2020, Pastor Paroki MBL Doom, mengadakan kegiatan pengenalan Komsos kepada umat Katolik di Doom. Pastor Aloysius Susilo, dan Laurens Reresi dari Komsos mengajak umat MBL Doom untuk belajar menulis yg tepat agar bisa tampil di Media Sosial dengan metode penulisan yang baik. Kami belajar bagaiman cara menulis berita yg singkat dan akurat, dan cara mengetahui berita hoax. Bagi yang berminat melanjutkan pelatihan Jurnalis, akan diberi kartu khusus tanda pengenal Pers.

Rinaldi dari OMK menulis kegiatan Komsos sangat menarik diikuti Dewan Paroki dan sebagian umat Katolik. “Sekitar jam 11.00 kami mengadakan kegiatan komsos di Paroki Santa Maria Bintang Laut Doom. Kami hadir dari setiap lingkungan Paroki dan hadir juga anak anak kecil dan OMK. Kami belajar visi misi Komsos dan belajar menulis dengan baik. Kami juga berusaha meningkatkan kemampuan bersma Komsos KMS agar OMK MBL menjadi lebih baik.

Penulis lainnya Kamila Buik Seran, Yofita Matroni Sesa dan Kristina Parera mengemukakan hal yang sama. Namun penulisan menggunakan piramida dengan tata bahasa dan letak penulisan yang mengajak pembaca untuk terlibat aktif menyampaikan informasi secara baik. “Kami mendapat pengetahuan baru tentang tata cara penulisan yang baik dan benar. Selama ini kami sangat sulit menulis dan menjurnal berita. Komsos KMS membuka peluang baru untuk bisa menjadi Jurnalis di Paroki MBL dan belajar menjadi penulis di media cetak, online maupun penyiar di TV dan Radio,” kata Kamila,Yofita dan Kristina kepada Redaksi.

Komunitas Ibu-Ibu Paroki bersama Dewan Pastoral Paroki turut memberikan perhatian menyuguhkan makanan dan minuman selama kegiatan Komsos di MBL. Suasana menjadi lebih bersahabat ketika Vivi Mote dari Komsos Paroki Santo Petrus Remu Kota Sorong mengundang para peserta untuk bergoyang ‘maju-mundur’. (Komsos MBL/Ren/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.