Saka Wira Kartika Korem 181/PVT Berperan Aktif Membina Pramuka Bela Negara

108

SORONG, Monitorpapua.com – Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program Kerja TNI AD Bidang Teritorial. Kegiatan ini dilaksanakan 12-13 November 2022, merupakan program kerja TNI di bidang teritorial, melibatkan 252 peserta tingkat SLTA dari Kota Sorong dan Kabupaten Sorong bertempat di Makorem 181/PVT Kota Sorong, Papua Barat.

Kasrem 181/PVT Kolonel Inf Mahudin Latupono S.Sos., M.M, membuka pelaksanaan kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika Korem 181/PVT mengatakan calon pemimpin masa depan berasal dari generasi muda saat ini. Nasib bangsa dan negara di masa mendatang, sangat ditentukan kualitas generasi mudanya, dalam mewujudkan cita-cita luhur bangsa kita yang kita inginkan bersama.

Lebih lanjut kata Kasrem, generasi pramuka adalah pilar masa depan bangsa dan negara yang harus mampu dalam pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka sejalan dengan hal itu secara tidak langsung pramuka merupakan bagian dari upaya mewujudkan ketahanan nasional secara kokoh dan tangguh dengan mengamalkan Dasa Dharma Pramuka secara benar.

“Dengan demikian seluruh wilayah nusantara dengan segala isi dan kekayaannya, akan mampu didayagunakan untuk kepentingan nusa dan bangsa serta mampu untuk menangkal dari segala bentuk ancaman ganguan dan hambatan serta tantangan yang muncul dari dalam, maupun yang datang dari luar negeri” ungkapnya.

Kasi Ter Kasrem 181/PVT Kolonel Inf Prasetyo Djoko T.S., M.Si.(Han)., saat menutup giat Pramuka Saka Wira Kartika mengharapkan hasil yang telah diperoleh selama kegiatan ini hendaknya bisa dijadikan sebagai pengalaman sekaligus ilmu pengetahuan guna menambah wawasan tentang kepramukaan.

Yang terpenting dari kegiatan ini bertujuan mengasah kemampuan dan mental adik-adik peserta pembinaan yang masih dalam usia dini sehingga ke depan dapat menghasilkan kader Pramuka yang handal yang nantinya dapat mengangkat dan melanjutkan Eksistensi Kepramukaan Tanah Papua Barat di tingkat Nasional. (*Melvin Gurning/J.Girsang)

- Iklan Berita 2 -

Berikan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini