SMK Negeri 1 Kota Sorong Umumkan Pemenang Lomba Baca Kitab Suci dan Renungan

0
73
Moderator : Meyerita F. Simbolon, S.Pd. menyerahkan cenderamata kepada Dewan Juri
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Dalam rangka memeriahkan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) tahun 2021, Lembaga Pendidikan SMK Negeri 1 Kota Sorong menyelenggarakan lomba Baca Kitab Suci dan Renungan bagi Siswa-Siswi Katolik dari kelas X, XI dan XII. Penyelenggara lomba baca Kitab Suci dipercayakan kepada Klemensius Ell, S.Fils sebagai Koordinator Siswa Katolik SMK Negeri 1 Kota Sorong.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMK N. 1) Kota Sorong, Drs. Heny H. Weydekamp, M.MPd., melalui Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan, Godefridus Balia S.F. dalam rangkaian penutupan lomba di Gedung Teknik SMK N 1 Kota Sorong, Rabu 15 September 2021, pukul 15.00 Wit.

Menurut Wakasek, Kepala SMK Negeri 1 tidak sempat hadir karena ada kegiatan lain namun sangat mendukung kegiatan-kegiatan rohani semua agama di SMK Negeri 1 karena membentuk kepribadia anak didik menjadi berkualitas dalam penghayatan imannya kepada Sang Pencipta.

“Kepala Sekolah menyampaikan selamat berlomba meraih kemenangan. Juga apresiasi kepada Pembimas yang telah membuka kegiatan ini pada hari Minggu,” ucap Wakasek Godefridus Balia, S.F.

Peserta Lomba

“Kami mengharapkan partisipasi aktif dari siswa-siswi dalam perlombaan yang dimaksud guna memperdalam minat dan pengetahuan tentang pewartaan Kitab Suci dan Renungan di tengah pandemi Covid-19,” ajak Wakasek.

Terkait hal itu, Wakasek Godefridus Balia S.F., mengatakan untuk memperoleh hasil lomba terbaik, maka Koordinator Penyelengara, Klemensius Ell,S.Fil didampingi Guru Agama Katolik, Meyerita F. Simbolon sekaligus ambil bagian sebagai Moderator lomba telah memilih dewan juri yang memiliki kualitas pendidikan dan kemampuan penilaian lomba, sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Tiga dewan Juri yakni Laurentius Reresi, S.S., M.M., Merry Matande, S.Pd., dan Yohanes Don Bosco B. S.Ag., Mereka adalah dewan juri terbaik yang memiliki kualitas,” terang Waksek.

Kegiatan lomba baca Kitab Suci dan Renungan telah dibuka secara resmi oleh
Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Katolik Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Papua Barat, Hogo Rizal Wisugroho, S.Si., pada pembukaan lomba, Minggu 12 September 2021, secara daring.

“Saya sangat mengapresiasi Lembaga Pendidikan SMK Negeri 1 Kota Sorong karena mampu mendidik, membimbing siswa-siswinya ke arah lebih baik, kreatif, inovatif dan berkualitas termasuk siswa-siswa Katolik SMK Negeri 1 Kota Sorong,” ucap Pembimas.

“Terimakasih kepada Pembimas, Bapak Hogo Rizal Wisugroho, S.Si., yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan siswa-siswi Katolik di SMK Negeri 1” ucap Wakasek mewakili Kepsek SMK Negeri 1.

Pada penutupan Lomba, Wakasek mendapat kesempatan menyampaikan pesan kepada siswa-siswi peserta lomba mengatakan adapun tema, latar belakang pemilihan, kriteria dan hal-hal teknis lain terkait perlombaan berdasarkan visi-misi sekolah, dan didukung tema BKSN “Yesus Sahabat Seperjalanan Kita” (Matius 14:27).

“Kita adalah Sahabat Yesus maka kita harus sadar siapa diri kita sebagai siswa-siswi SMK Negeri 1, bagaimana kita menghayati isi Kitab Suci bagaimana mengekspresikan diri, bersikap dan berbicara, Berdoa dan Belajar dalam situasi pandemi covid-19 ini. Anak-anak harus sadar, selama lomba sesungguhnya kita diuji agar tak terjadi krisis iman maupun identitas kita sebagai siswa-siswi Katolik yang belajar di SMK Negeri 1 Kota Sorong,” tegasnya.

“Kita bersyukur kepada Tuhan karena SMK Negeri 1 memberikan kesempatan kepada anak-anak Katolik, termasuk dukungan finansial. Juga kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukeskan lomba ini. Semoga Tuhan memberkati kita semua” ucap Godefridus mengakhiri sambutan.

Klemensius Ell, akhirnya membacakan seluruh peserta lomba. “Ada 25 siswa-siswi Katolik berjuang mengikuti lomba secara daring. Khusus siswa kelas XII adalah Vianni Nahak, Carlos de Fretes, Maria Faubun, Dani Ohoiwutun, Yosias Sarfunin, Elizabeth Bupu dan Bernadette B. Kakan.

Penyelenggara Lomba, Klemensius Ell, berpedoman pada tema Bulan Kitab Suci Nasional mengajak semua peserta lomba untuk tetap berjalan bersama Yesus apa pun hasil keputusan Juri lomba. Maka kesempatan itu, Klemens mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah dan semua yang terlibat sekaligus membacakan hasil lomba baca Kitab Suci, yang telah dilaksanakan pada hari Minggu 12 September hingga 15 September 2021.

“Pemenang lomba baca Kitab Suci 2021. Untuk kelas X, Juara I : Brigita Ohoiwutun (total nilai: 1.028), Juara II: Elizabeth Ramschie (total nilai: 1.025), Juara III: Odilya Renyaan (total nilai: 986).

Untuk kelas XI, Juara I: Lodofika Fun (total nilai: 1056), Juara II: Jessen Boleu (total nilai: 1042), Juara III: Mathilde Bataona (total nilai: 1.025).

Sedangkan untuk kelas XII, Juara I: Carlos de Fretes (total nilai: 1.087), Juara II: Vianny Nahak (total nilai: 1.081), Juara III: Elisabeth Bupu (total nilai: 1.069). Semua yang mengikuti lomba mendapat hadiah, hanya berbeda dengan Sang Juara,” tutup Klemensius Ell. Selanjutnya pembagian hadiah, Doa penutup dan ramah tamah. (Laurent R/MP)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.