Taman Impian Bandara DEO Sorong Tampak Berantakan

0
242
- Iklan Berita 1 -

KOTA SORONG, Monitorpapua.com – Taman Bandara Domine Eduard Osok (DEO) yang terletak di bilangan jalan Basuki Rahmat nampak berantakan. Sebelumnya taman DEO Kota Sorong dibuat Pemkot Sorong telah tertata rapi, indah dan lestari namun makin berantakan dengan tumpukan sampah plastik yang bertebaran sepanjang taman DEO.

Pantauan media, tidak ada petugas pertamanan dan tataruang taman DEO sehingga terlihat taman DEO tidak tertata lagi bahkan begitu kotor dan tidak ada penataan dari Pemerintah Kota Sorong.

Selain itu, pantauan media ada beberapa fasilitas umum di taman DEO telah rusak. Pada hal pemandangan taman Domine Edward Osok sejak dibangun mendapat kunjungan warga  Kota Sorong, wisatawan domestik maupun mancanegara pagi hingga larut malam. Setiap hari, taman DEO dipadati pengunjung, Ada beberapa orang asing yang duduk dan olahraga. Juga sejumlah pengunjung dari daerah lain. Mereka bersantai bersama keluarga, terutama anak-anak dan remaja, kata Ricard Mahasiswa Sorong.

Banyak pedagang yang berjualan tetapi tidak memperhatikan kebersihan lingkungan sekitarnya. Kurangnya kesadaran pengunjung saat membuang sampah pada tempatnya berakibat sampah bertebaran di taman DEO,” keluh Juan, pengunjung di siang hari, Rabu (24/4) Dirinya menyayangkan sikap masyarakat Sorong yang masih kurang memiliki kesadaran menjaga kebersihan.

Biarpun pemerintah sudah membangun fasilitas bersantai, menarik dan nyaman tapi kalau warganya tak mendukung dengan menjaga tempat itu, hasilnya sama saja, nanti hanya jadi taman “bersampah.”

Sambil mengajarkan anaknya memungut sampah bertebaran dan membuang di tempat sampah di tempatnya, Surya berharap pengunjung yang datang bisa berartisipasi menjaga kebersihan taman kota.

Sejumlah pengunjung Taman DEO meminta Pemerintah Kota Sorong agar membuat aturan main seperti membuat aturan bagi pengunjung dan pedagang untuk mematuhi aturan merawat dan menjaga kebersihan taman DEO. Jika tidak, dikenakan sanksi sesuai aturan Pemkot. “lagi pula kalau ada yang rusak, Pemkot harus peka memperbaiki, jangan sampai rusak permanen” kata salah seorang pengunjung.

Taman DEO yang sangat indah itu, tak indah dan nyaman lagi karena banyak sampah berhamburan, ada fasilitas taman yang rusak ulah oknum tak bertanggung jawab, kata Sophian pedagang yang peka membersihkan tempat jualan dan sekitarnya.

“Masyarakat Kota Sorong sangat senang dan gembira karena keberadaan taman DEO diperkuat dengan adanya tempat bermain bagi anak- anak dan bersantai gratis,” ujarnya. (T.Girsang/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.