Arca Maria Bunda Allah Diarak Menuju Gereja Katolik Yopem

0
301
- Iklan Berita 1 -

Monitorpapua.com, Sorong (Papua Barat) – Misa Kudus Pembukaan Devosi kepada Maria Bunda Allah diawali dengan Perarakan Arca Maria.

Pastor Paroki Santo Yohanes Pembaptis (Yopem), Izaak Bame, Pr membuka Ibadah Sabda di lingkungan Santo Paulus Rasul kemudian Pastor memberkati benda-benda suci seperti Rosario dan Arca Maria dari masing-masing Lingkungan se-Paroki. Usai ibadah sabda, ratusan Umat Katolik mendaraskan doa-doa rosario kepada Sang Mahakuasa melalui Bunda Maria-Nya.

Perarakan Arca Maria diringi doa dan puji-pujian kepada Bapa di Surga  dilakukan umat Paroki Santo Yohanes Pembaptis menuju ke Gereja Katolik yang jaraknya kurang lebih 1 kilometer dipandu kelompok kategorial Ibu-Ibu Paroki.

Sebelum perarakan, Pastor Izaak Bame, Pr.  mengajak umat Katolik untuk mendoakan kaum buruh di seluruh dunia dan khusus di Indonesia yang dirayakan pada setiap 1 Mei bertepatan dengan perayaan Devosi Maria dan mengajak umat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan bersama Bunda Maria. Perarakan berlangsung dengan khidmat menuju Gereja Katolik.

“Dalam tradisi Iman Gereja Katolik Devosi Maria adalah seluruh kebaktian kepada Maria Ibu Yesus dari Nazaret dalam bentuk puji-pujian, kagum, hormat dan cinta dengan meneladani cara hidupnya sambil memohon bantuan pengantaraan doanya bagi Gereja yang sedang berziarah menuju persatuan dengan Allah,” ajak Pastor.

Dalam Khotbahnya, Pastor Paroki mengatakan berdevosi kepada Maria memiliki dasar Biblis, yakni setelah mendapat khabar gembira dari Malaikat Tuhan (Lukas 1:26-38), Maria amat bersukacita dan bernubuat (Lukas 1:48) dan mendapat penekanan dalam Konsili Efesus  Maria mendapat gelar Teotokos (Bunda Allah).

Secara singkat alasan pokok Maria dihormati khusus dan dapat dimintakan pengantaraan doanya oleh umat beriman karena “Maria dipilih Tuhan secara istimewa untuk menjadi Bunda TuhanYesus Kristus penebus  manusia. Bunda Maria dipilih istimewa oleh Tuhan,” terang Izaak.

“Gereja Katolik memiliki berbagai macam devosi. Dengan devosi, umat Katolik semakin dekat dengan Tuhan. Doa Rosario merupakan salah satu contoh devosi kepada Bunda Maria yang sangat popular. Karena itu,  selama satu bulan penuh umat berdoa Rosario secara bergiliran dari rumah ke rumah. Devosi ini sangat mengakar kuat dalam diri umat katolik,” terang Pastor Paroki. (Sartika Gurning)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.