Klamono Jadi Terang Perayaan Pekabaran Injil

0
230

SORONG, Monitorpapua.com – Kota Minyak Klamono tiba-tiba menjadi terang. Betapa tidak, Jemaat Eucharistia Klamono Kabupaten Sorong Papua Barat mengawali perayaan Pekabaran Injil ke 165 tahun dengan melakukan pawai obor dalam suasana damai sejahtera mereka keluar dari rumah menyalahkan obor sukacita mulai pukul 05.00 Wit. Pawai Obor tersebut membuat suasana kota Klamono menjadi terang benderang mewarnai HUT Pekabaran Injil 5 Pebruari 2020.

Kegiatan pawai obor Pekabaran Injil dilakukan pukul 05.00 Wit mulai dari Gereja menuju tempat ibadah terbuka area kolam ikan kampung Klamono Olie Kompleks Pertamina mendapat pelayanan dari Pnt. Husein Malabar.

Ternyata, bukan hanya di Pulau Mansinam Manokwari Papua Barat melainkan daerah-daerah terpencil seperti Klamono Kabupaten Sorong dan seluruh Tanah Papua, jemaat keluar rumah bersukacita, merayakan HUT Pekabaran Injil ke 165 tahun.

“Jemaat Eucharistia di Klamono mengenang 5 Februari senantiasa menjadi hari istimewa termasuk rakyat di seluruh pelosok Tanah Papua. Kabar sukacita Injil masuk di Tanah Papua menjadi pedoman orang-orang yang berdiam di Tanah Papua,” ucap Pnt. Malabar.

Sejarah mencatat tanggal 5 Februari 1855 sebagai hari pertama dua orang misionaris Jerman Carl Wilhelm Ottouw dan Johann Gottlob Geissler menginjakkan kaki di pulau Mansinam setelah melakukan ekspedisi pelayaran dan singgah di Batavia, Makasar, dan Ternate.

Mansinam adalah pulau kecil di Teluk Doreh di wilayah ibukota Papua Barat. Tempat itu bisa ditempuh sekitar 20 menit dengan kapal nelayan dari Pantai Kwawi, Manokwari ramai dikunjungi para pendoa, turiist domestik dan mancanegara.

Maka melalui Surat Keputusan Gubernur Provinsi Papua Nomor 140 Tahun 2008 tanggal 5 Februari dijadikan hari libur resmi sejak 2008. Sejak itu, rakyat di Tanah Papua menjadikan 5 Pebruari untuk berkumpul dan berdoa mendengar Firman Tuhan sebagaimana di Kota Klamono Kabupaten Sorong. Kini Tanah Papua menjadi terang bagi bangsa-bangsa di muka bumi ini karena kabar sukacita Injil Tuhan. (Natalisye T/Ren/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.