Bupati Sebut IPM Tambrauw Terendah Se-Sorong Raya

0
120
Bupati Kabupaten Tambrauw, Gabriel Asem, SE, M.Si
- Iklan Berita 1 -

TAMBRAUW, Monitorpapua.com – Bupati Kabupaten Tambrauw, Gabriel Asem, SE.,M.Si menyebut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Tambrauw paling rendah se-Sorong Raya.

Betapa tidak, persoalan penurunan IPM ini lebih banyak menjadi sorotan pada rapat kerja (raker) bupati di Kabupaten Sorong Selatan pada bulan lalu. Kabupaten Tambrauw menduduki posisi paling rendah soal IPM dibanding kabupaten lain di Sorong Raya.

Indeks Pembangunan Manusia Tambrauw atau IPM menurut Bupati Gabriel Asem menjadi menurun karena minimnya perhatian dari Pemerintah Provinsi Papua Barat pada periode awal kepemimpinan sebelumnya hingga pembentukan defenitif Kabupaten Tambrauw menjadi Kabupaten baru.

“IPM kita rendah karena kita ini merupakan korban pembangunan. Saat itu oleh gubernur jauh sebelumnya lebih memperhatikan pembangunan infrastruktur tanpa melihat IPM sehingga masyarakat tidak diperhatikan secara baik sampai kita berdiri sendiri. Jadi ketika kita dimekarkan menjadi kabupaten baru, kita mulai star dari 47% IPM,” jelas Bupati di Sausapor.

Diakui sejak awal pemekaran hingga saat ini, IPM Kabupaten Tambrauw meningkat menjadi 51,7% dari 47%.

Kenaikan ini karena ada tiga indikator yang berperan penting pada peningkatan IPM yakni pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi. Ketiga indikator ini masing-masing memiliki turunan indikator yang tentunya harus diperhatikan secara holistik untuk mencapai maksud dan tujuan yang telah ditetapkan.

“Dari awal kita kejar fisik pembangunan seperti jalan untuk mendukung tiga indikator yakni pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi. Pada periode ini barulah kita mulai pada pembangunan  IPM,” jelas Bupati. (Gery/Soter/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.