Fakta-fakta Terbaru Dari Kabid Humas Polda Papua Terkait Kelaparan Di Yahukimo

3

JAYAPURA, Monitorpapua.com – Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, memberikan informasi terbaru terkait bencana kelaparan yang melanda masyarakat di Kabupaten Yahukimo, khususnya di Distrik Amuma, Jumat (27/10).

Menurut Kombes Pol. Benny, setelah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Yahukimo terkait antisipasi dan penanganan bencana yang terjadi di Distrik Amuma, pihaknya memastikan bahwa tidak ada korban meninggal dunia akibat kelaparan di wilayah tersebut.

“Hal ini kami ketahui setelah berkoordinasi ulang dan memeriksa kembali data yang dilaporkan kepada kami. Dari data yang kami peroleh, sepanjang tahun 2023 hingga saat ini, warga di Distrik Amuma yang meninggal dunia, diketahui akibat sakit dan usia lanjut,” jelasnya.

Kombes Pol. Benny melanjutkan bahwa data dari Dinas Kesehatan mencatat bahwa sebanyak 22 orang telah meninggal sejak bulan Januari hingga Oktober 2023, namun tidak ada laporan mengenai warga yang meninggal dunia akibat bencana kelaparan. Tetapi akibat cuaca ekstrem sehingga gagal panen, masyarakat setempat perlu mendapatkan bantuan.

“Oleh karena itu, kami ingin menyampaikan bahwa tidak ada bencana kelaparan yang terjadi di Distrik Amuma, Yahukimo. Kami juga memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Daerah dalam menjaga kestabilan pangan di Tanah Papua,” ungkap Kabid Humas.

Informasi ini diharapkan dapat memberikan kejelasan dan menghilangkan kekhawatiran masyarakat terkait situasi di wilayah tersebut. Polda Papua dan pemerintah setempat berkomitmen untuk menjaga kesejahteraan masyarakat dan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi, termasuk masalah kelaparan yang berkaitan dengan kekeringan dan hasil panen yang kurang memadai.(*/Ren, Stevi, Delvia Fun)

Berikan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini