Kapolda Papua Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara

0
135
Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si, hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi

JAYAPURA, Monitorpapua.com – Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si, hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi. Pleno terbuka juga dihadiri Kasdam XVII /Cenderawasih, Kakesbangpol Provinsi Papua, Ketua KPU Provinsi Papua bersama Komisoner, Komisioner Bawaslu Provinsi Papua, Ketua Pengadilan Tinggi Papua, Wakajati Papua, Pimpinan dan Saksi Partai Politik hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Papua di Grand Abe Hotel Jayapura, Sabtu (27/4), pukul 11.30 Wit.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Papua pada Pemilu Tahun 2019, menurut Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si dalam sambutannya menyampaikan suatu kehormatan bagi kami bisa hadir dalam kegiatan pembukaan rapat pleno KPU Provinsi Papua sebagai tanda mendekati akhir dari seluruh rangkaian pelaksanaan pemilihan umum legislatif pemilihan umum Presiden Republik Indonesia.

Kami dari TNI dan Polri tidak berkaitan langsung dalam seluruh rangkaian kegiatan ini, TNI dan Polri hanya memberikan jaminan keamanaan untuk penyelenggaraan seluruh kegiatan, mulai dari tahapan pemetaan sampai dengan sekarang penghitungan suara. Saya perlu sampaikan dalam penyelenggaraan pemilihan umum legislatif dan presiden yang dilaksanakan oleh KPU ada beberapa prestasi- prestasi yang kita perbuat.

Banyak hambatan dan gangguan yang telah dilalui di Pilpres dan Pileg khususnya karena faktor alam, namun telah dilalui. Secara umum pelaksanaan Pilpres dan Pileg berjalan aman dan tertib, itu karena bantuan dari unsur partai politik, caleg, dan seluruh lapisan masyarakat yang mendukung pemilu.

Saya berharap bapak ibu sekalian kita memberikan catatan yang baik untuk pelaksanaan pleno ini bisa berjalan dengan baik, apabila semua pihak mau duduk bersama, menyelesaikan persoalan-persoalan di antara kita dengan tidak mengurangi nilai-nilai objektifitas, nilai-nilai kejujuran yang menjadi dasar kita untuk melaksanakan penghitungan ini. Harapan kami KPU dan seluruh komisioner bisa menjalankan tugas dan mengakhiri tugas dalam pleno ini.

Kasdam XVII/Cenderawasih dalam sambutannya mengatakan Saya harap seluruh penyelenggara Pemilu, TNI/ Polri dan seluruh komponen masyarakat dapat melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab dan prosedur, TNI Polri bersifat Netral dalam pelaksanaan Pemilu.

Kepada para pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh agar turut mengajak masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan produksi yang bersifat represif maupun anarkis dan kegiatan lain yang berdampak kepada stabilitas keamanan di Provinsi Papua. Selain itu ciptakan hubungan yang harmonis antara sesama serta selalu jaga dan utamakan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga Papua menjadi tanah damai.

Komisoner Bawaslu Provinsi Papua dalam sambutannya mengatakan kita semua turut berduka secara Nasional karena banyak anggota yang gugur dalam pelaksanaan Pemilu. Bawaslu sebagai pengawas Pemilu tetap laksanakan tugas secara maksimal dalam pelaksanaan Pemilu. Laporan sudah banyak kami terima dan akan segera kami tindaklanjuti dan selesaikan.

Ketua KPU Provinsi Papua dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda dan Pangdam dalam menjaga Pemilu berjalan aman dan tertib.

Rekapitulasi di tingkat Provinsi, KPU Provinsi menggunakan Pola apabila pleno telah dilakukan di Kabupaten dan surat suara telah dialihkan ke KPU Provinsi. KPU Provinsi langsung laksanakan Pleno tingkat Provinsi. Sesuai aturan PKPU, pleno Provinsi harus dihadiri 16 saksi Parpol, Bawaslu, KPU Kabupaten Kota. Sementara Rapat Pleno di skors karena belum ada surat suara yang masuk dari Kabupaten Provinsi Papua. (Red-MP/Arifin P/Polda/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.