Kemenag Papua Barat Adakan Dialog Kerukunan Intern Umat Beragama dan Moderasi Beragama

36

SORONG, Monitorpapua.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat mengadakan Dialog Kerukunan Intern umat beragama dan moderasi beragama tahun 2023, bertempat di Tampagaram Beach and Resort, Selasa (21/2). Mengusung tema “Melalui dialog akan tercipta toleransi dan kerukunan umat beragama”.

Kegiatan intern ini diikuti ratusan umat Katolik utusan 6 Paroki Keuskupan Manokwari Sorong, Papua Barat Daya. Enam Paroki itu adalah Paroki Kristus Raja Kampung Baru, Paroki Maria Bintang Laut Doom, Paroki Emaus HBM, Paroki Sto. Arnoldus Janssen Malanu, Paroki Sto. Petrus Remu dan Paroki Sto. Yohanes Pembaptis Klasaman Km 14 Sorong. Hadir juga WKRI DPD Cabang Sorong dan utusan mahasiswa Katolik STPAK Sto. Benediktus Kota Sorong.

Dialog Kerukunan Intern Umat Beragama dan Moderasi Beragama diawali Misa Kudus oleh RD. Adrianus Tuturop. Dalam khotbahnya mengajak umat untuk menyadari diri bahwa dialog sudah dimulai sejak berada dalam keluarga.

“Kristus sebagai Kepala Gereja dan umat sebagai domba-domba-Nya yang dituntun kepada jalan keselamatan maka kita belajar dari Yesus Kristus sebagai Allah Sang Dialog sejati, maka umat Katolik juga perlu memberi contoh dialog yang baik.

Usai Misa Kudus, dilanjutkan pemaparan materi pertama disajikan Pastor Adrianus Tuturop dengan judul materi Pentingnya partisipasi Gereja sebagai Lembaga Keagamaan dalam Menjaga Toleransi demi tercapainya Kerukunan umat beragama, dipandu moderator Samuel Helyanan dari pukul 09.00-11.00 Wit.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan arahan dari Pembimas Kanwil Papua Barat Hugo Rizal, S.Si.
Panitia pelaksana dialog memberikan kesempatan kepada Pemateri II Ketua FKUB Kabupaten Sorong menyajikan materi “Membangun Komunikasi dan Kebersamaan antar Umat Beragama di Provinsi Papua Barat, moderator Ny. Matilda Ribo.

Dilanjutkan Pemateri ketiga Kepala Kantor Wilayah Agama Papua Barat, Luksen Jems Mayor, S.Sos., M.A.P. dengan isi materi Kebijakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama dalam Menjaga Kerukunan antar Umat Beragama, dipandu moderator Pembimas.

Pemateri keempat Pembimas Kanwil Papua Barat, Hugo Rizal W. dengan materi ‘Penerapan Beragama dalam Kehidupan Umat Beragama di Provinsi Papua Barat’, moderator Yohanes Rombe. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 Wit – 18.00 Wit.  (Ren)

- Iklan Berita 2 -

Berikan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini