BPJN Papua Barat Hijaukan Area Infrastruktur, Bersama Kementerian PUPR Tanam Ribuan Pohon Secara Serentak

0
166
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com  – Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Papua Barat, Mauluddin Said, Latar ST. MT., mengajak seluruh jajarannya untuk melakukan penanaman pohon sebagai bagian dari tugas dan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik.

Maka dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-75, Kapala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Papua Barat, Mauluddin Said Latar, ST., MT, mendapat sambutan hangat dari Ka-Balai Wilayah Sungai Papua Barat, Alexander Leda, Kabalai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Barat, Marsudi, Kasatker PJN II Sorong, Sony Kadubun, Kasatker PJN III Maybrat, Hanafi, bersama sejumlah Mitra kerja untuk mensyukuri rahmat Tuhan dengan melakukan penanaman pohon menghijaukan area infrastruktur, bersama Kementerian PUPR tanami ribuan pohon secara serentak di seluruh Indonesia.

Satker Maybrat

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Papua Barat, Mauluddin Said, Latar ST. MT., mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat (PUPR) sedang melakukan penanaman pohon secara serentak di seluruh Indonesia termasuk BPJN Papua Barat telah menamam 340 batang pohon secara serentak, sebagai upaya memperbaiki kualitas lingkungan menjadi lebih baik di wilayah Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat, Sabtu (5/12/2020)

“Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berpesan, kegiatan penghijauan di seluruh Indonesia tidak hanya dilaksanakan pada Hari Bakti PU saja, melainkan secara masif dan berkelanjutan dalam rangka membuka lapangan kerja,” terang Kabalai.

“Presiden Republik Indonesia mengajak seluruh komponen masyarakat dan menekankan pentingnya green economy bagi Indonesia melalui gerakan penghijauan massal di berbagai sektor dan wilayah. Untuk itu, pada area infrastruktur PUPR, kita harus menanam pohon dengan memanfaatkan musim penghujan, mengurangi polusi, longsor dampak alam lainnya maka BPJN Papua Barat telah melaksanakan penanaman pohon secara bertahap dan ikut melakukan perawatan dengan baik dan bertanggung jawab,” terang Ka Balai dalam sambutannya.

Ka.Satker PJN II, Sony Kadubun bersama PPK Johan Usmany, ST

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Papua Barat, Mauluddin Said, Latar ST. MT., menegaskan tugas BPJN kegiatan pembangunan infrastruktur PUPR penyediaan lapangan kerja atau padat karya, juga kegiatan penghijauan di Papua Barat perlu bagi kelangsungan hidup orang banyak mulai tahap pembibitan, penanaman hingga tahap pemeliharaan dan pemanfaatannya. Terkait hal itu, seluruh Satker BPJN Papua Barat turun lapangan melakukan penanaman pohon di Wilayah Kabupaten Sorong.

Sementara itu, Satker PJN Wilayah II Provinsi Papua Barat (Sorong) Pejabat Pembuat Komitmen 2.2 Ruas Jalan Sorong-Makbon-Mega, Johan Usmany, ST. menjelaskan, jenis pohon yang ditanam pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pohon untuk memperkuat fungsi utama infrastruktur dan pohon produktif yang bernilai ekonomi terutama dari buahnya.

“Terkait teknis penanaman pohon sudah diatur pihak Dinas Kehutanan Kabupaten Sorong sedemikian rupa bekerjaama dengan BPJN Papua Barat, dengan memperhatikan kondisi lahan di area infrastruktur, jenis pohon, hingga metode pemeliharaannya sehingga tidak menghalangi pandangan pengguna jalan,” kata Johan Usmany, ST yang akrab dengan kalangan wartawan.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Papua Barat mengucapkan limpah terimakasih kepada Pemda Kabupaten Sorong berkenan mengizinkan BPJN Papua Barat dan jajarannya melakukan gerakan penanaman pohon di Kawasan Strategis Kabupaten Sorong, Sabtu 4 Desember 2020 sekitar pukul 16.15 WIT.diawali dengan doa bersama dan sambutan, dilanjutkan penanaman pohon pukul 17.15 WIT diakhiri ucapan syukur pemotongan tumpeng dan makan bersama.

"Ada beberapa titik yang telah kami lakukan penanaman, secara keseluruhan ada sebanyak 340 anakan pohon berbagai jenis yang kita tanam. Penanaman pohon ini dalam rangkaian Hari Bakti PUPR ke-75,” tambah Johan Usmany

Wilayah Kabupaten Sorong dipilih sebagai pusat kegiatan karena kawasan ini menjadi satu satu pusat kegiatan yang dekat dengan Kantor DPRD, Perumahan dan pusat pertumbuhan ekonomi, kawasan pendidikan dan pusat keramaian.

Usai penanaman 320 batang pohon, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Papua Barat memimpin langsung kegiatan perayaan HUT Hari Bakti PUPR ke-75 dengan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat dan perlindungan-Nya diiringi vokal group “suara emas” dari pegawai BPJN Papua Barat. ( Ren/MP)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.