Kepala LAN Prof. Dr. Suryanto, MSi Bangga Bertemu ASN PPPK Kementerian Agama di Sorong

40

SORONG, Papua Barat, Monitorpapua.com – Kedatangan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Prof. Dr. Suryanto, MSi ke Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat Daya mendapat sambutan meriah dari puluhan peserta orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) angkatan VI dan VII dengan membuat barisan penyambutan tamu negara. Kedatangan Kepala LAN disambut peserta dengan yel-yel bernuansa cinta NKRI dan lagu-lagu bernuansa Papua, sekaligus menyamatkan atribut Papua kepada Kepala LAN diringi lagu Papua dinyanyikan seluruh peserta Orientasi PPPK dengan penuh semangat, sembari mengantar Kepala LAN bersama rombongan Kementerian Agama menuju ke Aimas Hotel. Selain itu, hadir juga  Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sorong, Rofiul Amri, S. Pd.I., M.PdI., Kepala Tata Usaha serta seluruh Kepala Seksi Kemenag Kota Sorong serta sejumlah pejabat lainnya. Kehadiran Kepala LAN di Kota Sorong dalam rangka menjalankan tugas Negara. Selasa, 19 September 2023, pukul 06.30 Wit.

Setelah sarapan pagi bersama, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Prof. Dr. Suryanto, MSi didampingi Kepala Balai Diklat Kementerian Agama Papua, Moctar Ruhuteru, S.Ag.,M.M., bertemu langsung dengan 79 peserta Orientasi PPPK di aula pertemuan Aimas Hotel dan memberikan pedoman dan petunjuk menjadi ASN PPPK berakhlak. Sebelum acara dimulai, para peserta menyambut kehadiran Kepala LAN dengan “salam ASN Kementerian Agama ‘Intergritas, Profesional, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan’ dan yel-yel.

Selanjutnya, Kepala LAN, Prof. Dr. Suryanto, MSi mengatakan kita patut bersyukur kepada Allah, kata Kepala LAN, karena kasih karunia-Nya kita bisa bertemu pertama kali bersama peserta PPPK di Kota Sorong ini.. Memaparkan materi terkait tugas pokok ASN PPPK dalam menjalankan tugas Negara melayani masyarakat., “Para ASN PPPK wajib mewujudkan perannya sebagai pelayan masyarakat, aparatur sipil negara yang professional. Diharapkan dapat melaksanakan tugasnya melalui pelayanan birokrasi yang profesional dalam menghadapi tantangan-tantangan global,” terang Kepala LAN.

Kepala LAN, Prof. Dr. Suryanto mengatakan LAN sudah melakukan berbagai upaya bersama pihak pihak lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia ASN, diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM unggul menghadapi tantangan di era digitalisasi.

Banyak tantangan era digitalisasi menantang para ASN untuk meningkatkan profesionalitasnya. “Salah satu hal yang dapat menjamin meningkatkan SDM PPPK adalah melalui akreditasi lembaga pelatihan, yang merupakan bentuk penjaminan mutu pelatihan yang diadakan Lembaga Penyelenggara pelatihan,” ujar Kepala LAN.

Untuk meningkatkan profesionalitas ASN PPPK Kementerian Agama,  Kepala LAN memaparkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara kepada para orientasi PPPK angkatan VI dan VII agar dapat menjadi aparatur sipil negara yang lebih professional.

“Undang-undang ini menjadi dasar dalam manajemen aparatur sipil negara. Tentu, bertujuan membangun aparatur sipil negara PPPK yang memiliki integritas, professional dan netral bebas dari intervensi politik, juga bebas dari praktik KKN, serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat bangsa dan Negara.

“Selama kurang lebih seminggu, para pesera orientasi PPPK Kementerian Agama angkatan VI dan VII akan membahas beberapa materi seperti pengenalan fungsi dan tugas ASN meliputi sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar ASN serta kedudukan dan peran PPPK mendukung terwujudnya smart governance,” terang Prof. Dr. Suryanto, MSi

Terkait hal itu, kata Prof. Dr. Suryanto, para Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (PPPK) juga harus bersyukur kepada Allah Yang Maha Kuasa karena, mendapatkan pelatihan pembekalan atau orientasi sesuai Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Keputusan Lembaga Administrasi Negara Nomor 289 Tahun 2022.

Tujuan dari orientasi PPPK ini tambahnya memberikan pengenalan tugas dan fungsi ASN serta memberikan pengenalan nilai dan etika pada instansi pemerintah.

Beberapa materi yang diperkenalkan antara lain pengenalan struktur organisasi dan tata kerja, program prioritas, Manajemen PPPK dan penilaian kerja, Pengembangan Kompetensi ASN bagi PPPK, Kode Etik, Kode Perilaku, Etika Birokrasi serta Pola Pikir ASN.

Selain itu diberikan pula materi penunjang antara lain ASN sebagai perekat pemersatu bangsa dan core values ASN dan profesionalisme ASN. Model pembelajaran yang dilakukan adalah hybrid dengan peserta mendapatkan materi secara luring di Aimas Hotel.

Sedangkan Core Values telah diluncurkan, ini bertujuan  menyeragamkan nilai-nilai dasar (core values) bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.

Core values BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Harapan Kepala LAN Prof.Dr. Suryanto,  P3K harus bisa meningkatkan kualitas kenegaraannya melalui perencanaan SDM pelatihan, hingga sarana dan prasarana termasuk sarana digital yang mampu mendorong percepatan peningkatan kualitas SDM ASN.

Selama dua jam dilanjutkan tanyajawab oleh para orientasi PPPK, mendapat jawaban terbaik dari Kepala LAN membuat para peserta semakin yakin dengan pilihannya menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (Laurent Reresi)

- Iklan Berita 2 -

Berikan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini