OMK ‘Salib Suci, Bermeditasi bersama Suster dan Pastor: Semakin Beriman, Semakin Solider

0
202
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Semakin Beriman, Semakin Solider. Inilah tema Rekoleksi Orang Muda Katolik (OMK) ‘Salib Suci’ Paroki Santo Yohanes Pembaptis Km 14 Klasaman Kota Sorong. Tema ini berkaitan erat dengan masa Prapaskah yang di awali dengan hari Rabu Abu hingga Masa Paskah, maka OMK Salib Suci mempersiapkan diri menyambut Paskah sebagai masa permenungan bersama untuk mendalami tema Aksi Puasa Pembangunan (APP) 2021. Kegiatan Rekoleksi bertempat di Aula Paroki Santo Yohanes Paulus II, Rabu 11 Maret -Kamis 12 Maret 2021.

Pemateri Rekoleksi adalah Pastor Izaak Bame, PR dan Suster Ignatio, CIJ. OMK Salib Suci diajak untuk menggunakan masa ini sebagai masa retret agung dengan tiga cara yaitu 1. Doa dan refleksi 2. Pantang dan puasa 3. Amal kasih.

Pemateri pertama rekoleksi Pastor Izaak Bame mengatakan “Tahun 2020 lalu, OMK bersama umat Katolik mengalami kendala dalam menghayati masa prapaskah karena pandemi covid-19. Perhatian kita tersita dengan banyak kekuatiran masalah-masalah baru yang muncul akibat pandemi covid-19. Kesempatan berkumpul tidak terjadi dalam banyak komunitas termasuk komunitas OMK Salib Suci. Bagaimana dengan iman Kekatolikan kita?,” tanya Pastor Izaak.

Lebih lanjut kata Pastor Pemateri mengajak OMK untuk merenungkan isi Kitab Suci sebagai pedoman dan pegangan hidup. “Tahun 2021 ini pun kita masih mengalami masa yang sama, namun iman kekatolikan kita tetap harus bertumbuh, justru di tengah-tengah masa pencobaan seperti ini kita harus semakin menyandarkan diri pada kerahiman Allah,” ucap Pastor Izaak.

Sr. Ignatio, CIJ pemateri Rekoleksi kedua mengajak OMK untuk berpegang teguh kepada Allah, hidup bersama Allah tetap berjalan bersama Allah dalam diri Yesus Kristus, pergumulan batin harus dialami dan pertumbuhan iman harus tetap hidup.

“Banyak orang merasa kehilangan pegangan hidup karena tidak memiliki pekerjaan, keberlangsungan hidup manusia morat marit karena faktor ekonomi. Kita diajak untuk menghidupi diri dan solider dengan orang lain serta berpegang teguh kepada kehendak Tuhan. “Kita diajak untuk menghidupi IMAN dan bersolider dengan sesama, hubungan yang semestinya dibangun begitu baik dengan Allah, sesama dan ekosistem dunia harus kita hidupi bersama,” ajak Sr. Ignatio, CIJ.

“Aktivitas Orang Muda Katolik Salib Suci menuntut kerjasama agar cita-cita dan tujuan dasarnya tercapai. Orang Muda Katolik tidak bisa mencapai kesejahteraan seorang diri tanpa ditopang orang lain, dibutuhkan apa yang disebut dengan SOLIDARITAS yang merupakan identitas bangsa kita yang tercermin dengan aktivitas gotong royong,” ajak Pastor Izaak Bame dan Sr. Ignatio dalam permenungan meditasi bersama OMK dengan berpedoman pada Kitab Suci.

Banyak orang mengalami kesulitan, maka kita perlu ikut terlibat dalam doa maupun dalam karya mencari solusi agar persoalan bersama dapat diatasi, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga.” Kita sebagai warga Gereja harus menjadi agen kegembiraan dan harapan sebagai bentuk kesaksian iman kita yang nyata,” kata Pastor Izaak.

Kegiatan Rekoleksi digagas Tim OMK yakni Ita Rettob dan Alex Mitan dimulai pada Rabu, 10 Maret 2021 pukul 18.00 Wit hingga Kamis 11 Maret 2021. Ada juga sebagian Remaja ikut Rekokeksi dan bermalam di Aula Paroki. Mereka bermeditasi selama satu jam dengan memperhatikan protokol kesehatan. Usai Rekoleksi kegiatan lain olahraga pagi dan bersih-bersih lingkungan Paroki. Harapan melalui Rekoleksi dan permenungan APP 2021 OMK Salib Suci semakin beriman dan Solider. (Kevin Reresi/Ren/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.