Pasca Kecelakaan Pesawat di Ilaga Normal

0
47
- Iklan Berita 1 -

JAKARTA, Monitorpapua.com – Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto menjelaskan operasional Bandar Udara Aminggaru sudah kembali normal pasca terjadinya kecelakaan pesawat milik PT. Smart Cakrawala Aviasi di Bandar Udara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua pada Senin (25/10) pukul 07.25 WIT kemarin.

“Operasional Bandar Udara Aminggaru di Ilaga sudah kembali normal, setelah kejadian kecelakaan pesawat Cessna C 208 B Caravan PK-SNN yang tergelincir pada saat mendarat. Pesawat bermuatan kargo seberat 1.250 kg itu awalnya take off dari Bandar Udara Timika menuju Bandar Udara Aminggaru di Ilaga. Pada saat landing posisi pesawat menyentuh permukaan sebelum mencapai titik pendaratan landas pacu bandara (undershoot). Pesawat baru berhenti di area touchdown runway 25,” jelas Dirjen Novie.

Akibat kecelakaan pesawat yang terjadi, Dirjen Novie menuturkan “Pilot pesawat atas nama Capt. Rahayu Kuntardi meninggal dunia pada saat dievakuasi menuju rumah sakit dan Co-Pilot. Egie Fistantyo mengalami luka-luka dan segera mendapatkan perawatan medis,” tuturnya.

Atas peristiwa yang merenggut korban jiwa ini, Dirjen Novie Riyanto menyampaikan duka cita yang mendalam. “Kami menyampaikan prihatin dan turut berbelasungkawa atas kejadian ini. Semoga keluarga korban diberikan ketabahan dan kesabaran,” ucapnya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah X telah berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Basarnas, TNI/Polri untuk melakukan proses evakuasi dan proses investigasi terhadap kecelakaan pesawat tersebut.

Sebagai informasi, Bandar Udara Aminggaru sementara beroperasi mulai pukul 06.00 WIT sampai pukul 12.30 WIT. (*/MP)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.