Santo Hironimus Doom Mencari Figur Pemimpin

0
90

SORONG DOOM, Monitorpapua.com – Pemilihan ketua lingkungan St. Hironimus Paroki Maria Bintang Laut Doom yang bertempat di keluarga Maimuna Parera. Pemilihan ini dihadiri umat lingkungan St.Hironimus dan didampingi secara langsung Pastor Aloysius Susilo, Pr bersama Dewan inti Paroki St. Maria Bingtang Laut Doom, Kota Sorong Provinsi Papua Barat, Selasa, 17 Maret 2020.

Pater Aloysius Susilo, Pr mengawali acara ini dengan perayaan Ekaristi. Setelah usai perayaan ekaristi, Ketua Lingkungan St Hironimus yakni Matias Langobelen memberikan sapaan hangat kepada Pater Aloysius Susilo, Pr dan Dewan inti paroki Maria Bintang Laut Doom yang sudah datang memberikan dukungan kepada Lingkungan St. Hironimus.

Matias Langobelen juga turut memberikan sapaan kepada umat lingkungan St. Hironimus yang mau meluangkan waktu sejenak untuk datang terlibat dalam pemilihan ketua lingkungan yang baru. Sebelum pemilihan berlangsung, Pastor Aloysius Susilo, Pr memberikan materi singkat mengenai arti dari Lingkungan. “Apa itu Lingkungan” ujar pater Aloysius.Susilo,Pr. Ada beberapa umat yang menjawab bahwa “lingkungan adalah sekelompok orang yang berkumpul pada suatu tempat untuk saling berinteraksi satu dengan yang lain”.

Selain itu juga, Pastor Aloysius Susilo, Pr memberikan sebuah panduan dari buku yang diperoleh dari Keuskupan Manokwari Sorong mengenai tatacara yang baik dan benar dalam pemilihan ketua (Ketua Dewan Pastoral Paroki MBL dan Ketua Lingkungan Santo Hironimus).

Pemilihan pun berlangsung, dengan 3 kandidat yang diusulkan yakni Ibu Iren Bapak Marten Benua. Dalam pemilihan ini, yang mempunyai hak untuk memilih minimal tingkat SMA. Data Umat yang hadir sebanyak 38 suara, dari tingkat remaja (SMA), dewasa, ibu-ibu , bapak-bapak, dewan inti dan Pastor Aloysisus Susilo, Pr.

Pengurus Lingkungan St. Hironimus mengatur jalannya pemilihan ini. Mereka telah menyiapkan potongan kertas yang telah di cap dan setiap orang mendapatkan satu kertas dan melalui kertas tersebut setiap orang akan memilih salah satu kandidat yang dicalonkan.
Semua kertas telah dikumpulkan kembali dan saatnya membacakan hasil suara yang telah dipilih oleh umat.

Rasa penasaranpun mulai mucul “siapakah yang akan terpilih menjadi ketua lingkungan yang baru?” Dalam membacakan kertas suara, kedua kandidat saling menyusul satu sama lain. Sehingga dari hasil kertas suara tersebut diperoleh Ibu Iren mendapatkan 20 suara dan bapak Marten Benua mendapatkan 18 suara. Dengan demikian yang menjadi ketua lingkungan St. Hironimus yang baru adalah Ibu Iren.

Untuk menjalin ikatan kekeluargaan ini, keluarga Ibu Maimuna Parera telah menyediakan hidangan makan malam. Umatpun bergembira dan saling memberikan semangat kepada satu dengan yang lain dalam membangun lingkungan St. Hironimus. (KOMSOS MBL/Yeremias Dalopes/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.