Setia Untung Ingatkan Ajudan Pimpinan Kuatkan Esprit de Corps Kejaksaan

0
29
- Iklan Berita 1 -

JAKARTA, Monitorpapua.com – Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan RI membekali para ajudan Pimpinan atau ADC Kejaksaan melalui Diklat Angkatan ke 2 Tahun 2019. Diklat ini sebagai bentuk Keterampilan tentang Dasar Kemiliteran guna mempersiapkan Sumber Daya Manusia Kejaksaan Yang Profesional dan memiliki kompetensi sebagai bentuk pengembangkan ilmu yang dimiliki.

Kepala Badiklat Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi mengatakan Diklat para ajudan pimpinan Kejaksaan ini dilakukan guna meningkatkan kualitas diri, sebagai proses pemantapan dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

“Selama dalam pendidikan dan pelatihan tentunya banyak hal yang dapat diperoleh, namun yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana mereka mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh guna menunjang pelaksanaan tugas nantinya, sehingga satuan kerja agar dapat merasakan manfaat dari Diklat ini,” kata Setia Untung dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (2/7),

Dia memastikan Diklat yang berlangsung selama 6 hari tersebut banyak hal yang diperoleh, namun dia mengingatkan lepas diklat ini peserta dapat mengimplementasikan keterampilan yang diperoleh guna menunjang pelaksanaan tugas nantinya, sehingga satuan kerja peserta bertugas dapat merasakan manfaatnya.

“Perlu dipahami bahwa Diklat Ajudan Pimpinan atau ADC Kejaksaan bukan kegiatan yang bersifat formalitas, tetapi merupakan salah satu persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh setiap personel yang akan menjadi tugas dan tanggungjawabnya sebagai ajudan pimpinan/ADC,” ungkap dia.

Namun lebih dari itu kata dia, Diklat itu sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), juga sebagai upaya dalam pemantapan dan pembentukan watak dan karakter sebagai Ajudan Pimpinan/ADC di lingkungan Kejaksaan yang berdisiplin tinggi, tangguh, loyal, memiliki jiwa korsa, esprit de corps Kejaksaan.

“Selain itu berdidikasi serta memiliki jiwa rela berkorban, menjadi pribadi yang taat aturan serta mampu berkomunikasi dengan baik,” tandas Setia Untung.

Karenanya ada 4 yang ditekankan mantan Kepala Kejati Jawa Barat itu kepada para peserta Diklat, pertama jadikan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, sebagai landasan moral dalam berpikir, bersikap dan bertindak.

Kedua, manfaatkan hasil pendidikan dan latihan yang telah diperoleh seoptimal mungkin, dan terus tingkatkan kemampuan dan keterampilan dengan budaya belajar dan berlatih. Ketiga, lanjut Setia Untung tumbuh kembangkan semangat jiwa korsa diantara sesama rekan dan jaga soliditas demi terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa.

“Keempat, pegang teguh apa yang menjadi visi dan misi Kejaksaan di setiap dan perilaku yang memiliki integritas kepribadian barlandaskan Doktrin Tri Krama Adhyaksa,” imbuh Setia Untung.

Karenanya dia berpesan kepada para ajudan dan calon ajudan yang ikut Diklat, tanpa kerja keras, disiplin, tangguh, loyal, berdedikasi dan semangat akan sulit untuk menjadi seorang profesional yang terbaik. (RED-MP/EDW/REN/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.