Sr.Vincentia, FSGM Terangi Pendamping Sekami Enam Paroki di Tanah Papua

0
55
- Iklan Berita 1 -

KEEROM, Monitorpapua.com – Pastor Heri Lobya, OSA, Sang Penulis Sejati dari Kabupaten Keerom di Arso Provinsi Papua menyampaikan kabar sukacita Paroki, saat ini seorang Suster Biarawati bernama Sr. Vincentia, FSGM sedang menerangi pendamping Sekami Enam Paroki melalui rekoleksi pendamping Sekami Dekanat Keerom di Arso Kota, 11-12 Mei 2019.

Kabar sukacita, P. Heri Lobya sedang membantu para pendamping Sekami Dekenat Keerom di Arso Kota untuk menemukan jati dirinya dalam acara Rekoleksi bersama. Sang Imam Biarawan OSA ini mengumpulkan para pendamping dari Paroki Ubrub, Paroki Yuruf, Paroki Waris, Paroki Arso Timur, Paroki Skanto, dan Paroki Arso Kota di Tanah Papua, Provinsi Papua agar dibimbing Sr. Vincentia, FSGM.

Menurut Pastor Heri Lobya, rekoleksi untuk pendamping Sekami sangat penting karena mereka menjadi pilar utama Gereja dalam mendampingi anak-anak Serikat Karya Misioner (Sekami) di Paroki masa yang akan datang. Maka mereka perlu mendapat pembekalan, berupa cara mendampingi Sekami yang baik.

Namun kata Pastor Lobya, melalui Sr. Vincentia, FSGM telah dijelaskan perlu apa itu rekoleksi yang asal kata dari bahasa Inggris yaitu recollect berarti mengingat kembali atau mengumpulkan kembali. Para pendamping telah diajak untuk menenangkan pikiran atau mencari ketenangan batin supaya mengingat kembali nilai-nilai Injili.

Rekoleksi untuk pendamping Sekami ini merupakan salah satu cara melatih hidup rohani mereka sekaligus menumbuhkan rasa ingin berubah menuju ke arah yang lebih baik.

Rekoleksi bukan sekedar mendengarkan ceramah agama, juga bukan renungan panjang. Tetapi pengalaman hidup yang dirasakan oleh peserta rekoleksi itu sendiri yang menjadi objek yang ditelusuri dalam rekoleksi. Pemberi rekoleksi adalah Suster Vincentia, FSGM hanya bertindak sebagai pemandu saja.

Maka pada hari ini tanggal 11 Mei sampai 12 Mei 2019, diselenggarakan rekoleksi pendamping Sekami se-Dekenat Keerom di Arso Kota.

Para peserta rekoleksi ini adalah para pendamping Sekami dari Paroki Ubrub, Paroki Yuruf, Paroki Waris, Paroki Arso Timur, Paroki Skanto, dan Paroki Arso Kota.

Selain itu, dalam rekoleksi ini juga turut hadir para Pastor Pastor Paroki dan para pembina Sekami dari dekenat Keerom. Pemberi rekoleksi kepada para pendamping Sekami sedekenat Keerom adalah Sr. Vincentia, FSGM.

Adapun acara rekoleksi ini diawali dengan doa Misa dan dilanjutkan dengan permenungan dan refleksi serta berbagi pengalaman bersama, untuk mengetahui perkembangan Sekami di masing-masing Paroki.

Rekoleksi tersebut berjalan dengan baik dan dalam suasana sukacita. Pada hakikatnya rekoleksi mengarah pada pembentukan iman katolik, terang pemberi rekoleksi. (P. H. Lobya/Ren/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.