Tingkatkan Maturitas SPIP, Pemkab Tambrauw Gelar Bimtek

0
86
- Iklan Berita 1 -

TAMBRAUW, Monitorpapua.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Tambrauw melalui instansi Inspektorat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kegiatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ( SPIP).

Kegiatan ini tentu dengan maksud mengoptimalisasi satuan tugas sistem pengendalian intern pemerintah dalam peningkatan maturitas SPIP pada Pemerintah Kabupaten Tambrauw, bertempat di Aula Kantor Bupati Kabupaten Tambrauw di Sausapor, Rabu (23/10).

Demikian disampaikan Bupati Tambrauw, Gabriel Asem, SE, MSi dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten II Kabupaten Tambrauw, Saut Situmorang, S.Sos, sekaligus membuka kegiatan Bimtek peningkatan Maturitas SPIP di lingkup Pemerintah Kabupaten Tambrauw.

Bupati Gabriel Asem memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat beserta jajarannya selaku instansi Pembina SPIP atas kesediaannya menjadi Narasumber serta kerjasamanya dalam penguatan SPIP di Pemerintahan Kabupaten Tambrauw.

Pemda Tambrauw berterimakasih terkait peningkatan maturitas SPIP di lingkup Pemerintahan Kabupaten Tambrauw. “Kami merasa gembira karena dalam meningkatkan manajemen keuangan mendapat respon dari eksekutif dan legislatif sehingga terjadi peningkatan yang signifikan atas pengelolaan keuangan pemerintah kabupaten Tambrauw yang berbuah penghargaan mendapat opini WTP sebanyak 5 kali berturut-turut diberikan oleh BPK terhadap pengelolaan keuangan daerah,” kata Bupati melalui Saut Situmorang.

“Oleh karena itu, kepada Aparatur Sipil Negara yang mengikuti Bimtek peningkatan Maturitas SPIP agar dapat memahami dengan cermat dan teliti, agar penyampaian SPIP kita nantinya tepat waktu, sehingga di tahun 2020 nanti seluruh OPD dapat meningkatkan diri ke level yang lebih baik sesuai dengan target RPJMN dan RPJMD di Kabupaten Tambrauw. “terang Bupati Tambrauw.

Sementara itu, Kepala BPKP perwakilan Papua Barat, Riky Antariksa dalam pemaparan materi menjelaskan tentang pedoman dan strategi peningkatan maturitas penyelenggaraan SPIP, penilaian resiko atas kinerja indikator utama, aplikasi penilaian maturitas SPIP dan penyusunan risk register serta Rencana Tindak Pengendalian (RTP).

Mengingat SPIP merupakan Sistem Pengendalian yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkup pemerintah pusat dan daerah yang bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai sehingga terciptanya efektifitas dan efesiensi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, perencanaan, kedalaman pelaporan, pengamanan aset dan ketaatan terhadap perundang-undangan sesuai yang telah diamanatkan dalam peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang SPIP,” tutur Antariksa.

Bimtek peningkatan Maturitas SPIP dilaksanakan selama dua hari (23-24/10) dihadiri Sekda Kabupaten Tambrauw, para Asisten setda, Kepala Inspektorat, Kepala BPKP perwakilan Papua Barat beserta jajarannya serta seluruh Pimpinan OPD di lingkup Pemda Tambrauw.

Kegiatan Bimtek peningkatan Maturitas dilanjutkan pada Kamis (24/10) bertempat di kantor Inspektorat dengan melibatkan 7 pimpinan OPD di lingkungan pemerintah daerah kabupaten Tambrauw. (Soter.R/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.