Walikota Sorong Resmikan Gedung Arsip BPN, Kepala Kantor Serukan Basmi Korupsi

0
75
Walikota Sorong Lambert Jitmau saat Menandatangani Prasasti didampingi Kepala BPN Kota Sorong Poltak Silitonga

SORONG, Monitorpapua.com – Walikota Sorong, Drs..E.C. Lambert Jitmau, MM resmikan Gedung Arsip Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Sorong, Papua Barat, Kamis 16 Januari 2020. Penandatanganan prasasti didampingi Kepala Kantor BPN Kota, Poltak Silitonga, SH.M.Hum disaksikan seluruh Pegawai BPN, tamu undangan diantaranya, Kapolres Sorong AKBP Mario Cristy Siregar, SiK, Dandim 1802 Letkol Budiman, Kejaksaan Negeri Sorong diwakili Sarah Emmelia B, juga pihak Bandara Deo diwakili Oppungsunggu, Kepala Bappeda Kota Sorong Adrian Jitmau dan Asisten 1 Kota Sorong, Rahman. Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita dihadiri undangan Forkopimda beserta para pejabat PPAT Kota Sorong.

Sambutan Walikota Sorong, Drs. E.C Lambert Jitmau, MM mengapresiasi kinerja pihak Kantor BPN Kota Sorong karena mengikuti prosedur yang cepat dan tepat dalam menerbitkan sertifikat tanah dan menyelesaikan serta memprosea sengketa tanah. “Pemerintah Kota Sorong menyampaikan terimakasih kepada Kepala Kantor BPN Kota beserta jajarannya yang sangat tanggap dan cepat serta tertib mengikuti petunjuk Kepala BPN RI serta amanah Presiden RI untuk membantu rakyat Kota Sorong dalam menyelesaikan sertifikat tanah.

“Terimakasih juga atas kinerja Kepala Kantor BPN Kota Sorong, Pak Silitonga di Kota ini, Tuhan yang mengirim anda ke Kota ini sehingga proses sertifikat tanah cepat dan tepat tanpa menimbulkan persoalan. Saya berharap saudara terus mengabdi di Kota Sorong hingga pensiun,” ujar Walikota Lambert Jitmau.

Walikota Sorong berharap agar Pimpinan OPD tetap bekerjasama dengan pihak kantor BPN Kota Sorong untuk membantu rakyat dan pemerintah agar tertata baik dan rapih arsip negara di Kantor BPN Kota Sorong Papua Barat. Walikota mengatakan sesuai target dan petunjuk dari Pemerintah Pusat, tahun 2025 tidak ada lagi tanah milik rakyat yang tak bersertifikat.

Maka, Lambert meminta agar pihak OPD juga bekerja sama dengan masyarakat kota Sorong dan seluruh Distrik agar masyarakat dapat mengerti membayar pajak bumi bangunan (PBB) dan pengurusan sertifikat tanah tidak timpang tindih sebagaimanan himbauan Presiden Joko Widodo

Kesempatan itu, Kepala Kantor BPN Poltak Silitonga SH. M.Hum menyampaikan terimakasih kepada Walikota Sorong dan semua pihak serta seluruh rakyat Kota Sorong karena telah mendukung program Pemerintah sehingga pihaknya terus berusaha meningkatkan pelayanan terbaik. Bahkan Kepala Kepala Kantor BPN menegaskan menyangkut urusan pertanahan, pihaknya melakukan zona integritas dengan mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi ( WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. (WBBM).

“Untuk diketahui, Kantor BPN Kota Sorong pada tahun 2019 telah memiliki arsip pertanahan sebanyak 479.000 arsip tanah maka BPN bersyukur karena telah memiliki Gedung Arsip representatif. Jadi kami juga perlu digitalisasi arsip pertanahan, arsip pertanahan tersimpan secara digital dan mudah diketahui seluruh rakyat Indonesia khususnya rakyat di Provinsi Papua Barat,”terang Silitonga.

Silitonga mengatakan fasilitas lain sudah tersedia seperti loket, toilet ruang menyusui anak, kursi roda khusus penyandang cacat, juga tempat permainan anak anak yang sebelum nya tidak ada. Sudah ada ruangan khusus Dispenda untuk pembayaran pajak, dan pendaftaran online untuk pembayaran langsung tunai ke bank dan pembayaran buktinya juga kepada BPN Kota online.

“Pembayaranya melalui Bank tidak ada uang tunai, makanya sekarang kantor kami dipenuhi cctv, buat control kepada semua pihak termasuk PPAT supaya tidak ada pungli. Ada juga loket khusus buat pelayanan masyarakat langsung membedakan antara PPAT dan masyarakat umum,” terang Kepala Kantor BPN Kota Sorong. (T.GIRSANG/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.