Ada 6 Komunitas Adat menyatu dengan Pendatang Mendiami Tanah Tambrauw

0
281
Peta Wilayah Kabupaten Tambrauw yang didiami 6 suku besar Tambrauw
- Iklan Berita 1 -

Monitorpapua.com, Tambrauw – Penduduk di wilayah Kabupaten Tambrauw makin bertambah. Selain angka kelahiran penduduk asli Kabupaten Tambrauw, mulai berdatangan penduduk dari  luar kabupaten Tambrauw mendiami wilayah pegunungan ini.

Jalur laut, darat dan udara terbuka lebar bagi para pencari kerja di Kabupaten Tambrauw. Betapa tidak, Tambrauw merupakan salah satu kabupaten baru di Provinsi Papua Barat, terletak di bagian utara Provinsi Papua Barat itu menjadi daya tarik tersendiri bagi pendatang.

Ini jelas dari wilayah kabupaten Tambrauw sebagian besar merupakan daerah dataran tinggi dengan ketinggiann0-2500 meter di bawah permukaan laut. Kondisi topografi Kabupaten Tambrauw sangat bervariasi mulai dari dataran rendah, perbukitan sampai pegunungan memiliki keunikan tersendiri baik dari sumber daya alam, mineral, pariwisata bahkan wilayah Tambrauw merupakan daerah peninggalan Perang Dunia II.

Meskipun tantangan keterbatasan fisik wilayah yakni 80% merupakan kawasan hutan lindung dan kawasan konservasi namun rakyat tetap mengikuti aturan daerah setempat.

Iklim Kabupaten Tambrauw relatif sama dengan wilayah lainnya di Papua yakni memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan.

Pada musim kemarau biasanya relatif singkat atau tidak begitunlama karena dipengaruhi musim penghujan terus menerus sehingga sering disebut daerah lembab.

Jumlah penduduk Kabupaten Tambrauw sesuai data di Dinas Catatan Sipil tahun 2014  yakni 33.032 jiwa dengan komposisi 17.584 laki-laki dan 15.448 wanita dengan kepadatan penduduk 118,83 per Km2,

Terdapat 6 komunitas adat yang mendiami tanah Tambrauw yakni Suku Mpur, Suku Abun, Suku Ireres, Suku Miyah, Suku Bikar dan Suku Mooi. Enam Komunitas adat ini membaur dan hidup bersama orang lain yang berdatangan di Kabupaten Pegunungan ini.  (Gerry S/Laurent R)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.