Agama Katolik dan Budaya Orang Web di Perbatasan PNG

0
531
Pastor Heri Lobya, OSA seorang Imam dari Ordo Santo Augustinus
- Iklan Berita 1 -

PNG, Monitorpapua.com – Pastor Heri Lobya, OSA seorang Imam dari Ordo Santo Augustinus hidup di tengah-tengah budaya orang-orang di perbatasan Indonesia-Papua New Guinea. Ia mencatat perkembangan agama Katolik dan Budaya Orang Web di Perbatasan PNG.

Bagi orang Web yang tinggal dekat di wilayah perbatasan PNG, agama Katolik dan budaya mereka memiliki hubungan yang erat.  Keterkaitan itu ada dan dipercaya oleh mereka, sebab Allah yang menciptakan bumi dan segala isinya juga menciptakan budaya mereka.

Terkait hal itu, dalam inti perayaan budaya yakni ritual kepala panjang yang di dalamnya ada ritus penyembuhan melalui pemberian makan kepada sejumlah orang sakit, pihak Gereja Katolik turut hadir untuk mendoakan dan juga memberkati makanan dan tanah yang sudah disiapkan oleh para tokoh adat orang Web.

Ritual pemberian makan dan pengolesan tanah pada kepala, badan dan tangan ini,  merupakan ritual puncak yang disertai tarian kepala panjang yang juga merupakan bagian penting dari penyembuhan orang-orang sakit. “Demikianlah, agama menjadi cahaya bagi setiap kebudayaan di bumi ini,” terang  Pater Heri Lobya OSA. (Laurent/Red MP)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.