Bawaslu Morotai Ajak Perempuan Berperan Awasi Pemilu 2019

0
34
- Iklan Berita 1 -

MOROTAI, Monitorpapua.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai menggelar sosialisasi pemilu 2019 bertajuk peran perempuan dalam pengawasan pemilihan umum 2019.

Kegiatan yang menyentuh kaum hawa atau perempuan untuk mengawasi pemilu itu, digelar di gedung pertemuan Hotel Perdana, Minggu (31/3/2019).

Kegiatan tersebut juga dihadiri anggota Bawaslu Provinsi Hi. Masita Nawawi. Sementara Kordiv Hukum dan Penindakan Bawaslu Morotai, Seni Soamole saat dikonfirmasi mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengawasan partisipatif pemilu, dengan mengajak kaum hawa ikut andil dalam pengawasan pemilu.

Kita juga mengajak kaum perempuan seperti ibu-ibu ini untuk ikut mengawasi pemilu. Karena informasi yang lengkap itu bukan hanya pada laki-laki tetapi perempuan juga. Ini juga merupakan salah satu kesetaraan gender, kata Seni saat ditemui usai kegiatan.

Menurutnya, Perempuan yang cerdas itu perempuan yang memilih berdasarkan hati nurani bukan paksanaan dari suaminya. Dan perempuan yang cerdas itu ketika melihat pelanggaran dapat melaporkan ke Bawaslu secara berjenjang.

Itulah yang menjadi inti dari sosialisasi yang kami laksanakan ini, ujarnya. Seni juga berharap, perempuan juga bisa menjadi tonggak dalam mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam pemilihan nanti.

Ajak keluarga, kerabat dan tetangga untuk ikut, paling penting yang kita tekankan dalam sosialisasi. Kalau dilihat pada tahun kemarin kan, partisipasi kaum perempuan sangat minim, maka tahun ini Bawaslu menjadikan itu sebagai salah satu dari tujuh program Bawaslu RI yang harus didorong, sehingga ke depan partisipatif perempuan bisa lebih ditingkatkan,  pungkasnya. (RED MP/Ojemona/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.