Dewan Pers Adakan Diskusi Publik di Sorong Papua Barat

0
62
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Dewan Pers berkunjung ke Sorong Provinsi Papua Barat, Selasa 14 Mei 2019 untuk bertatap muka dengan stakeholder pers dan pelbagai kalangan dan pemerintah daerah untuk memajukan kemerdekaan pers di Indonesia khususnya di Tanah Papua.

Tujuan dari kunjungan kerja adalah mengadakan kegiatan diskusi publik terkait kondisi kemerdekaan pers di Papua Barat terendah. Data yang diperoleh Monitorpapua.com, Dewan Pers akan bertemu dengan semua wartawan di Sorong sebelum melaksanakan survey Indeks Kebebasan Pers (IKP).

Demikian isi surat dari Dewan Pers melalui Ketua Panitia Pelaksana, Andre Raunsay dan Sekretaris Panitia Kumala Dewi kepada Pimpinan Redaksi Monitorpapua.com dengan nomor surat 332/DP/K/2019.

Menurut Panitia Pelaksana, ada beberapa agenda yang akan dibicarakan Dewan Pers pertama bertatap muka dengan semua wartawan di Sorong Raya. Semua wartawan dan Pemimpin Redaksi yang berdomisili di Sorong dan sektarnya kami undang, jelas Sekretaris Panitia Kumala Dewi.

Andre R dan Dewi K, Panitia Pelaksana kegiatan diskusi publik terkait kondisi kemerdekaan pers di Papua Barat

Mempetegas kegiatan ini, Adre Raunsai mengatakan, beberapa agenda antara lain, silahturahmi dengan Ketua Dewan Pers, kerjasama dengan stakeholdders pers dan pemerintah untuk memajukan kemerdekaan pers dan upaya untuk memetakan perkembangan pelaksanaan hak kemerdekaan pers di Tanah Papua, Provinsi Papua Barat.

Pasalnya, hasil survey yang dilakukan Dewan Pers di 34 provinsi Indonesia menunjukkan kondisi kemerdekaan pers di Papua Barat termasuk 3 terendah dan menurun dibanding tahun sebelumnya.

Ditambahkan, selama 3 tahun terakhir, IKP di Privinsi Papua Barat terendah. Hadirilah Diskusi Publik untuk mengetahui penyebab dan kendala serta kerangka berpikir untuk meningkatkan kebebasan pers di Tanah Papua, ajak Kumala Dewi.

Ketua Ikatan Wartawan Online Sorong Raya Papua Barat, Laurentius Reresi, SS.M.Pd., menyambut baik kehadiran Dewan Pers untuk bertatap muka dengan ratusan wartawan di Sorong serta pemerintah daerah termasuk kegiatan yang sangat penting yakni Diskusi Publik untuk memetakan perkembangan hak kemerdekaan pers. Selamat datang Dewan Pers di Kota Sorong, ucap Laurent Reresi, Pimpinan Redaksi Monitorpapua.com

Pelaksaan Diskusi Publik diadakan pada Selasa, 14 Mei 2019 di Vega Hotel, jalan Frans Kaisepo, No.28 Km 7 Sorong Papua Barat, pukul 09.30 Wit-selesai. (Soter R/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.