Dosen Universitas Nani Bili Nusantara Uji Kemampuan Mahasiswa Akhir

0
164
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Dosen Universitas Nani Bili Nusantara (UNBN) Sorong menguji penyusunan proposal Skripsi tahap pertama. Pengujian proposal skripsi ini berlangsung di Gedung Rektorat UNBN Sorong dengan mengadirkan 2 Dosen Penguji dan dua Dosen Pembimbing. Hadir dalam uji kemampuan mahasiswa, Kaprodi Fakultas Ilmu Sosial dan Keguruan, Sriayu, SPd. M.Pd., bersama 3 Dosen lainnya yakni Haryo Franky Souisa, SP.d., M.Pd., Irianto Ali, S.Pd.,M.Pd., dan Laurentius Reresi, SS.M.Pd., menggantikan Wakil Rektor UNBN yang berhalangan, Kamis (27/8).

Pengujian Proposal Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Keguruan dalam Seminar dimulai pukul 10.00 WIt dan diakhiri pukul 16.00 Wit.

Ka Prodi PGSD itu membuka pertemuan pengujian proposal menggunakan Zoom Meeting menyapa seluruh peserta seminar proposal. Sriayu mengatakan “Pengujian Skripsi merupakan sebuah kewajiban bagi Lembaga Pendidikan untuk menguji kemampuan anak didiknya agar mampu mengolah Ilmu Pengetahuan dan mampu mempertanggungjawabkan ilmunya.

Jadi kata Sriayu saat membuka Seminar Proposal Skripsi menegaskan, Skripsi adalah karya tulis ilmiah akhir seorang Mahasiswa UNBN dalam menyelesaikan program S1. Maka tahap akhir studinya, mahasiswa harus menyiapkan karya ilmiah berupa pengusulan proposal Skripsi untuk diuji Dosen Penguji di hadapan publik atau forum terbuka di Kampus Universitas Nani Bili Nusantara.. “Setelah diuji, selanjutnya mahasiswa mengadakan penelitian dan penulisan skripsi didampingi dua dosen pembimbing,”terang Kaprodi.

Selanjutnya, tambah Sriayu, mahasiswa menulis hasil penelitian akhir dalam bentuk ilmiah yang disebut Skripsi itu merupakan bukti kemampuan akademik mahasiswa dalam penelitian yang berhubungan dengan masalah pendidikan sesuai program studinya. Skripsi disusun dan dipertahankan untuk mencapai gelar Sarjana Strata Satu.

Hal ini sedang dibuktikan mahasiswa UNBN Fakultas Ilmu Sosial dan Keguruan, Progdi PGSD di Gedung Rektorat sejak pagi hingga sore hari ini. Dosen penguji menggunakan metode pengujiannya membuat sejumlah mahasiswa berusaha menjelaskan judul proposal Skripsi, latar belakang masalah, identifikasi masalah termasuk pertanyaan penelitian, variabel penelitian, tujuan penelitian kegunaan penelitian, batasan istulah, asumsi dan hipotesis, tinjauan teoretis dari sejumlah pustaka, metodologi mencakup sampel, instrumen dan teknik analisis, serta sistematika penulisan.

Dosen Penguji Sriayu, SPd. M.Pd., bersama 3 Dosen lainnya yakni Haryo Franky Souisa, SP.d., M.Pd., Irianto Ali, S.Pd.,M.Pd., dan Laurentius Reresi, SS.M.Pd., meminta para mahasiswa untuk tetap memperhatikan konsultasi atau diskusi dengan dosen pembimbing yang memiliki spesialisasi dalam bidang kajian yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk memantapkan judul, permasalahan serta metodologi penelitian mahasiswa serta keseluruhan hasil akhir penulisan.

“Berdasarkan hasil akhir pengujian seminar proposal skripsi, empat dosen penguji menyatakan semua mahasiswa yang telah mengikuti uji proposal seminar dinyatakan memenuhi persyaratan atau lulus untuk melanjutkan tahapan penelitian dan penyusunan akhir Skripsi,” jelas Haryo Franky Souisa, SP.d., M.Pd., (Ren/MP).

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.