Modern Pentathlon Pertama Kali di dunia PON, Lima Olahraga Sehari

0
36
- Iklan Berita 1 -

JAYAPURA, Monitorpapua.com – Panitia PON XX Papua menyambut 34 atlet berdatangan dari 8 Provinsi untuk berlombah dalam kegiatan PON XX Papua yang telah dibuka Presiden Joko Widodo di Jayapura, Provinsi Papua 2 Oktober 2021.

Sekretaris Jenderal Indonesia Pimpinan Pusat, Castor Jonis Tindage ditemui saat kedatangannya bersama 34 atlet ‘Modern Pentathlon’ ini, disambut meriah oleh Pemerintah Provinsi Papua di Bandara Sentani Papua, Rabu 5 Oktober 2021.

“Sebanyak 34 Atlet itu mewakili 7 provinsi di Indonesia yakni Provinsi DKI, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Bali, Riau dan tuan rumah Papua,” jelas Sekjend

Menurut catatan sejarah dari Sekjend Pimpinan Pusat, Modern Pentathlon ini baru pertama kali dilaksanakan di dunia Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua ini, pada hal modern pentathlon sudah lama dan menjadi olahraga menarik dalam olimpiade dunia
namun tidak masuk dalam kategori lomba nasional melainkan hanya memperebutkan 6 medali emas sebagai sportifitas lomba.

Para atlet Indonesia telah mengikuti Lomba ini saat Asean Games, Atlet Indonesia mendapat medali emas, sedangkan olimpiade mendapat urutan ke 11 dunia. Hanya “Modern Pentathlon” belum diperhitungkan dalam kegiatan olahraga di PON XX Papua,” jelas Castor.

Dikatakan, Lima olahraga menjadi satu, itulah modern pentathlon.
Dalam Olimpiade, modern pentathlon terdiri dari lima cabang sekaligus, yaitu anggar, berenang, menembak, berlari, dan berkuda. Semuanya digelar dalam waktu satu hari saja. Kelima cabang olahraga mendapat tempat di hati para atlet,” terang Sekjen.

Lebih lanjut kata Sekjen PP, Modern pentathlon adalah olahraga yang terinspirasi dari pentathlon tradisional pada Olimpiade zaman dahulu. Itulah sebabnya olahraga berkuda dimasukkan, yang terinspirasi dari kebutuhan pasukan berkuda di masa itu.

“Dulunya, kelima cabang olahraga dalam pentathlon digelar selama lima hari berturut-turut. Hanya saja, sejak tahun 1996 semuanya dikemas secara padat sehingga tuntas dalam waktu satu hari. Kelima cabang olahraga itu adalah:
Anggar (fencing)
Renang (swimming)
Berkuda (show jumping)
Menembak (shooting)
Lari (running),” jelasnya.

Dalam modern pentathlon yang tuntas dalam satu hari, menembak dan berlari dijadikan satu kesatuan disebut laserun. Berdasarkan sejarahnya, pentathlon telah menjadi salah satu cabang olahraga sejak tahun 1912. Baik pemain junior maupun senior terbuka untuk mencoba pentathlon.

Kini, modern pentathlon menjadi salah satu cabang olahraga paling populer bagi mereka yang suka menantang kemampuan diri. Mereka yang punya kekuatan luar biasa pada kelima cabang olahraga ini bisa membawa pulang medali emas. “Sayangnya, olahraga ini masih dalam pembiayaan sendiri, tidak masuk dalam anggaran nasional,” ucapnya.

“Hebatnya lagi, serikat yang menaungi olahraga ini yaitu The Union Internationale de Pentathlon Moderne (UIPM) kini telah memiliki 120 negara anggota. Ini menjadi gambaran betapa masifnya penyebaran olahraga ini ke penjuru dunia,” terang Castor Jonis Tindage yang membimbing 84 atlet se Indonesia berlomba memperebutkan 6 medali emas, perak dan perunggu. (Stefi Y. Fun/Ren/MP)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.