Parade Pisah Sambut Kapolda di Mapolda Papua

0
153
Upacara Farewell and Welcome Parade Kapolda Papua Berlangsung di Mapolda Papua, Jayapura
- Iklan Berita 1 -

JAYAPURA, Moitorpapua.com – Pelaksanaan Upacara Farewell and Welcome Parade Kapolda Papua atau parade pisah sambut dari Irjen Pol. Drs Martuani Sormin M.Si kepada Brigjen Pol. Drs Rudolf Alberth Rodja berlangsung di Lapangan Mapolda Papua, Sabtu (4/5).

Hadir dalam kegiatan yakni As Ops Kapolri  Irjen Pol. Drs Martuani Sormin MSi, Kapolda Papua Brigjen Pol. Drs Rudolf Alberth Rodja, Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, Irwasda Polda Papua, Pejabat Utama Polda Papua, para Kapolres jajaran Polda Papua, Para Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama Polda Papua serta ASN Polda Papua.

As Ops Kapolri Irjen Pol Drs. Martuani Sormin M.Si dalam sambutannya mengatakan untuk seluruh keluarga besar Polda Papua sekalian yang saya cintai dan saya banggakan dalam kurun waktu kebersamaan kita di Polda Papua ini kita telah meraih banyak penghargaan secara nasional itu adalah prestasi yang sangat luar biasa dan saya sangat bangga kepada kalian semua.

Kebersamaan saya dengan rekan-rekan selama di Polda Papua baik dalam suka dan duka, saya secara  pribadi meminta maaf kepada rekan-rekan semua apabila ada perlakuan tindakan baik di dalam kedinasan maupun pribadi yang membuat perasaan rekan-rekan tergores, terluka dengan segala peraturan yang saya berikan, pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan bahwa hal itu saya lakukan tidak lain hanya untuk kepentingan institusi Polri agar menjadi lebih baik ke depannya.

Selain itu kita harus selalu berpegang teguh dengan motto kita yaitu kita pasti bisa tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha mari kita melawan musuh yang ingin menganggu situasi Kamtibmas baik langsung maupun tidak langsung.

Sebagai anggota tentunya ada hal yang kamu rasakan di lapangan baik secara langsung entah baik atau tidak pada momen yang sangat bahagia ini saya ingin menyampaikan bahwa saya bangga dengan apa yang telah kamu raih rasa bangga ini akan saya sampaikan kepada semua orang bahwa Polda Papua adalah salah satu Polda terhebat dan terbaik.

Dalam keadaan sulit dengan semua keterbatasan yang kita miliki kita mampu menunjukan prestasi dan jati diri sebagai anggota Polri dalam memberikan pelayanan perlindungan dan pengayoman sekaligus sebagai penegak hukum di tanah besar ini. Selain itu kamu bisa merasakan langsung rasa bangga menjadi anggota polri karena ini adalah profesi yang terhormat dan mulia khususnya di Polda Papua ini jika kamu mempunyai perasaan itu yakin dan percaya kamu akan malu untuk melakukan pelanggaran. Dan hal ini agar terus di jaga agar bisa membuat kita selalu dekat dengan lapisan masyarakat.

Sebagai seorang polisi dalam bertindak jaganlah ragu jangan takut laksanakan tugas sesuai dengan standar prosedur operasional yang telah ditetapkan. Sejak saya datang doktrin yang selalu saya ajarkan jangan takut dan ragu jika menurut kamu apa yang harus dilakukan maka lakukanlah dengan baik karna saya tidak tahu kendala apa yang kamu hadapi pada saat itu.

Saya merasa bangga dan terhormat di tempat tugas yang baru, apabila saya mendengar prestasi yang dicapai Polda Papua di Tanah Papua kita tercinta dan sebaliknya apabila kamu melakukan pelanggaran yang seharusnya tidak dilakukan maka saya akan merasa sedih. Jaga kehormatan diri pribadi keluarga dan institusi polri yang telah membesarkan kita dan pegang teguh, itu maka saya yakin kita melaksanakan tugas di manapun akan akan selalu aman dan di terima dengan masyarakat dan saya sudah buktikan itu di Polda Papua.

Dalam pelaksanaan pemilu 2019  yang kita laksanakan, berbagai gangguan Kamtibmas terjadi tingkat kesulitannya yang tinggi namun dengan tekad yang kuat dan kerja keras semua berjalan dengan aman saya sampaikan dengan kalian semua tidak ada yang menjadi korban yang meninggal dalam melaksanakan tugas pengawasan TPS saya perlu apresiasi ini dengan sangat tinggi.

Kapolda Papua Brigjen Pol. Drs Rudolf Alberth Rodja dalam sambutannya mengatakan saya dan Pak Martuani digariskan untuk selalu menggantikan jabatan beliau, kemarin saya menggantikan beliau sebagai Kapolda Papua Barat dan tanggal 2 kemarin saya menggantikan beliau lagi di Tanah Papua yang penuh berkah ini dan buat anggota semua Polda papua bukan menjadi Polda yang asing buat saya karena di Polda Papua saya sudah bertugas selama 5 kali yaitu sebagai Karo OPS 2 kali, sebagai Wakapolda selama 2 tahun dan berdiri bersama sama di sini di lapangan apel Polda Papua jadi saudara sekalian tidak menjadi hal yang asing lagi bagi saya.

Hari ini saya berdiri kembali di Tanah Papua ini tepatnya di Polda Papua tempat yang setiap hari kita bertemu untuk memangku jabatan yang lebih tinggi dari yang sebelumnya. Jadi kepada rekan-rekan semua minimal sudah mengerti dan memahami bahwa tidak ada yang  berubah sama seperti saya menjadi Karo OPS dan Wakapolda.

Delapan bulan yang lalu As Ops Polri bertugas di tempat ini merencanakan pengamanan pemilu 2019 sampai hari ini rekan-rekan sudah melaksanakan tugas dengan sangat baik mulai dari pengamanan kampanye tertutup, terbuka dan pencoblosan tanggal 17 April dan saat ini sudah mulai memasuki tahapan rekapitulasi atau pleno di Kabupaten atau Provinsi.

Apa yang sudah kita laksanakan selama ini kita mengorbankan pikiran tenaga waktu bahkan nyawa sekalipun hanya untuk mengamankan pemilu ini agar menjadi aman, tentram dan damai, hal ini agar terus di jaga karena inilah saat kritis terutama rekapitulasi pemilihan legislatif karena sudah ada dinamika di beberapa polres jajaran sehingga inilah yang perlu kita siapkan untuk mengantisipasi hal yang sudah kita lakukan selama ini agar tidak sia sia.

Saya berharap kegiatan yang sudah kita lakukan dan pak As Ops harus terus dijaga, kita adalah perpanjangan tangan Negara untuk itu wajib kita implementasikan dan  laksanakan sesuai dengan kebijakan tentu semuanya harus menyesuaikan dengan lingkungan yang ada di sekitar kita. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak As Ops karena telah merancang strategi yang baik sehingga saya hanya melanjutkan apa yang telah beliau buat. (Red-MP/Arif P/Polda/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.