Pastor Tamu Lantik Ketua dan Pengurus OMK ‘Salib Suci’ Paroki Santo Yohanes Pembaptis Sorong

0
304
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Pastor Paroki Santo Yohanes Pembaptis Klasaman Kota Sorong, Pastor Izaak Bame, Pr. mengutus Pastor Yorris, O.Carm untuk melantik Orang Muda Katolik (OMK) Salib Suci masa bakti 2019-2021 untuk mengemban tugas menjadi saksi dan melayani Tuhan dalam kehidupan berparoki.

Pelantikan OMK Salib Suci dihadiri umat Paroki Santo Yohanes Pembaptis dan sejumlah pengurus OMK dari Paroki KMS serta tamu undangan lainnya Kamis (30/5).

Pastor Yorris, O.Carm sebelum melantik OMK berpesan agar OMK Salib Suci hidup berdásarkan ajaran Tuhan Yesus dengan berpedoman pada bancaan Injil, Luk. 24 : 46 – 53.

Dikatakan Pastor Yorris, pelantikan OMK Salib Suci bertepatan dengan Hari Raya Yesus Naik ke Surga. “Yesus bukan dinaikkan ke Surga tapi Naik ke Surga. Ia naik kembali ke tempat darimana Ia telah turun. Tidak ada yang tahu jalan ke Surga itu selain Dia yang telah turun dari Surga. Dan Dia itu adalah Yesus,”terang Pastor Yorris dalam khotbah singkat.

“Fakta Yesus naik ke Surga ini meneguhkan iman kita kepada-Nya. Jadi OMK haruslah beriman kepada Yesus yang adalah Jalan satu-satunya ke Surga. Tidak ada yang bisa datang ke Surga kalau tidak melalui Yesus,” ujar Yorris didampingi Frater Pastoral di Seminari

Akhirnya, tambah Pastor Tamu dalam khotbahnya, bersukacitalah karena Allah Bapa telah memilih OMK Salib Suci untuk menjadi pengikut Putra-Nya. Yesuslah Penjamin bagi kita untuk masuk surga. Inilah pesan Pastor Yorris kepada OMK lalu Ia mereciki mereka dengan air suci.

Usai Misa Kudus dilanjutkan acara resepsi bertempat di Aula Paroki Santo Yohanes Paulus II.

Kesempatan itu, Ketua Dewan Pastoral Paroki (DPP) Santo Yohanes Pembaptis, Yosef Laksmana mengajak OMK untuk melihat bangunan Gereja sebagai lambang kehadiran Kristus. Maka kata Ketua DPP OMK adalah bagian dari satu pilar Gereja yakni bisa saja pintu, jendela atau bagian lainnya, maka OMK harus menyadari kehadirannya ikut serta membangun Gereja dan dunia.

Tak lupa Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Manokwari Sorong (KMS), Etus Nusatjas mengatakan ada banyak tantangan yang akan dihadapi Kaum Muda Katolik. Maka sudah waktunya Umat Katolik memberikan perhatian khusus kepada OMK.

Betapa tidak, OMK adalah Gereja Masa kini bukan Gereja masa yang akan datang,” terang Ketua Komisi Kepemudaan KMS. Bahkan Etus Nusatjas membacakan dua surat yang diterima dari kaum muda Katolik dari Paroki lain yang isinya tentang persoalan OMK.

Maka ajak Etus panggilan akrabnya meminta DPP untuk selalu mendampingi OMK Salib Suci agar mereka dapat menghayati iman Katolik dengan baik dan melaksanakan ajaran Tuhan sehingga mereka menjadi dewasa agar masa depan Gereja benar-benar terwujud.

Pastor Yorris, O.Carm juga memberi pandangan kepada OMK Salib Suci agar tidak terbuai dengan kemajuan teknologi melainkan bertumbuh dan berkembang dalam iman kepada Tuhan. Bahkan ia mengajak OMK Salib Suci untuk bergandengan tangan dan memohon kepada Paroki untuk mendampingi OMK, berjiwa OMK masuk dalam kehidupan mereka, setelah itu menempatkan diri kembali sebagai orang dewasa.

Ketua OMK terpilih Alexsius Mitan menggantikan Maria Luruk meminta dukungan sekuruh OMK Salib Suci agar dapat mengemban tugas dengan baik. Sedangkan ketua OMK Lama Maria Luruk yang mendapat tempat di bagian bendahara OMK turut memberi semangat kepada Ketua Terpilih saat memberikan sambutan.

Akhir Acara ramah tama ditutup dengan jamuan kasih. Meskipun Pastor Paroki sedang dalam proses pengobatan di RS Sta. Elisabeth Semarang, ia mendoakan kaum muda ‘Salib Suci” agar terus mengembang misi Tuhan dalam hidup berparoki dan membangun Gereja. (Siska Gurning/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.