Pembukaan PON XX Papua, Presiden Joko Widodo Bermain Bola

0
30
- Iklan Berita 1 -

JAYAPURA, Monitorpapua.com – Presiden Joko Widodo menunjukkan aksinya bermain bola di tengah pembukaan PON XX Papua.

Seorang anak kecil asli Papua mengajak Presiden bermain sepak bola. Presiden Joko Widodo turun ke lapangan langsung menggiring bola bermain bola dengan legenda pesepak bola Indonesia Jack Komboy dan tiga anak muda Papua.

“Bapak Presiden, mari sini, ikut kita,” ajak seorang anak kecil yang mengenakan pakaian khas Papua dan membawa alat musik tifa.
Ajakan tersebut disambut gembira oleh Presiden RI.

Kepala Negara terlihat tersenyum dan segera menghampirinya untuk memulai bermain bola dengan keempat pemuda di lapangan. Setiap kali Presiden menendang bola, penonton menyambutnya dengan riuh dan tepuk tangan.

Setelah bermain bola, anak kecil itu memberikan alat musik tifa kepada Presiden untuk ditabuh dan diikuti serentak para undangan di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu malam 2 Oktober 2021.

Boaz Solossa, pembawa obor PON memasuki lapangan membawa obor ke arah kaldron yang berada di tengah lapangan untuk dinyalakan. Tak ketinggalan Pesta kembang api di langit stadion makin memeriahkan acara pembukaan PON XX Papua. Selain stadion, pesta kembang api juga dilakukan di Jembatan Merah Youtefa, Kota Jayapura. (*Stevi Fun/Ren)
[10.45, 4/10/2021] Laurent MP: Presiden RI Resmi Membuka PON XX Papua

JAYAPURA, Monitorpapua.com
Presiden RI Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).
PON XX di Jayapura mempertandingkan 6.442 atlet dari seluruh Indonesia terhitung 2-15 Oktober 2021

Pembukaan PON XX Papua berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sentani Provinsi Timur Indonesia, dibuka dengan lagu ‘Sa Papua’ yang dibawakan seniman tanah Papua, Edo Kondologit, Nowela, dan Michael Jakarimilena.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, Pekan Olahraga Nasional ke-XX Papua secara resmi saya nyatakan dibuka,” ucap Jokowi

Presiden Jokowi mengaku bangga karena PON untuk kali pertama digelar di tanah Papua. Ini menunjukkan bahwa Papua sudah maju dalam hal infrastruktur karena mampu menggelar acara bertaraf internasional.

“Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama. Kita bangga ada di tanah Papua. Dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON ke 20, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua,” ucap Jokowi saat pidato.

“Stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan SDM Papua adalah capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan,” jelasnya.

Presiden Jokowi mengajak seluruh elemen masyarakat merasakan PON dengan segala suka cita dan menjadi ajang untuk menjalin kebersamaan satu sama lain.

“PON ini adalah panggung kebersamaan, panggung persatuan, panggung persaudaraan,” tegas Presiden RI Joko Widodo (Stevi Fun/Ren/MP)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.