Pesan Uskup Mgr. Hilarion Datus Lega, Pengukuhan DPP Sto.Yohanes Pembaptis

0
147
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Uskup Keuskupan Manokwari Sorong, Mgr. Hilarion Datus Lega, secara resmi mengukuhkan Pengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP) Santo Yohanes Pembaptis Klasaman, periode 2022-2025, Kota Sorong Provinsi Papua Barat, Jumat 14 Januari 2022.

Pegukuhan Pengurus DPP diawali dengan perayaan Misa Syukur oleh Uskup Mgr. Hilarion Datus Lega sebagai Konselebran Utama didampingi Pastor Paroki, Pastor Izaak Bame, Pr., di Gereja Katolik Santo Yohanes Pembaptis Km 14 Sorong.

Upacara pengukuhan Pengurus DPP Santo Yohanes Pembaptis didukung dengan koorsponsor dari Orang Muda Katolik (OMK) ‘Salib Suci’ dan dihadiri umat Paroki serta para undangan lainnya.

Yang Mulia Uskup H. Datus Lega dalam homili pengukuhan Pengurus DPP berpesan sesuai bacaan Kitab Suci, 1 Sam. 8:4-7.10-22a, bahwa Dewan Pastoral Paroki dipanggil untuk terus melayani umat Allah, terus memberikan pelayanan terbaik untuk sesama dan kepada Tuhan, sebagaimana Kisah Samuel dalam Perjanjian Lama, menjawab ketika Allah memanggilnya sebanyak tiga kali. “Ya Bapa, hambaMu mendengar dan bersedia,” jawab Samuel kepada Allah.

Uskup menguraikan isi Kitab Suci Perjanjian Lama secara terperinci tentang panggilan Samuel yang bersedia menjawab Allah dan melaksanakan tugas perutusannya. “Mari menjawab panggilan Allah meskipun tugas DPP berat, dihina, dicemooh, namun Allah tetap mendengar doa-doa umat-Nya yang terus memohon,” terang Uskup.

Uskup juga berpesan sesuai bacaan Injil Markus 2:1-12,
Belajar dari kisah ini, kita Apa yang bisa kita lakukan untuk sesama yang menderita? Membantu semua Paroki adalah wujud panggilan membangun Gereja Universal. Jadilah Paroki yang bisa dicontohi paroki lain, bekerjalah melayani Tuhan dalam cinta persaudaraan, Tuhan memberkati selalu, Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin,” doa Uskup mengakhiri khotbahnya.

Usai Homili, Uskup memanggil 57 orang Pengurus DPP untuk dikukuhkan. Ketua terpilih Yosep Laxmana, Wakil Ketua Demianus Tenau, Sekretaris I Laurentius Reresi, Sekretaris II Arnoldus Jansen Jamal. Bendahara I Hendrik Pardosi, Bendahara II Elis Hizkia.

Didukung Bidang Pertama: Liturgi, dilengkapi Seksi Misdinar, Seksi Organis dan Koor, Seksi Sakristi dan Seksi Tatalaksana.

Kemudian, Bidang Kedua: Pewartaan memiliki Seksi Sekami (KKI), Seksi Katekese dan Kitab Suci serta Seksi Komsos.

Selain itu ada juga Bidang Ketiga: Kategorial dan Pendidikan Keluarga dilengkapi Seksi Pendamping Keluarga dan Panggilan Khusus, Seksi Kaum Bapak, Seksi Gender (Perempuan) dan Seksi Kepemudaan.

Bidang Keempat, Pelayanan dilengkapi Seksi Pendidikan, Seksi Kesehatan, Seksi Perlengkapan dan Seksi Keamanan.

Bidang Kelima Usaha Dana dan Kerawam, dibantu Seksi Usaha Dana dan seksi Kerasulan Awam.

Usai pengukuhan dilanjutkan Misa Syukur dan ditutup dengan berkat Perutusan. Lalu dilanjutkan sambutan dari Ketua DPP periode 2022-2025, serta sambutan Yang Mulia Uskup KMS. Puncak acara ramah tama dan jamuan kasih bersama Pastor, Uskup, Umat dan DPP di aula Paroki (Kevin Reresi/Ren)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.