Raker (M1R) Maluku Satu Rasa, Salam Sarane Iris di Kuku Rasa Di Daging

1
417
Ketua Organisasi Masa Maluku Satu Rasa (M1R), Angelico Stevanus
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Ketua Organisasi Masa Maluku Satu Rasa (M1R), Angelico Stevanus membuka Rapat Kerja (Raker) Maluku Satu Rasa (M1R) se Sorong Raya membahas program kerja tahunan dan masa kepengurusan untuk 4 tahun ke depan.

Angelico Stevanus menjelaskan Raker M1R yang diselenggarakan bertujuan menyusun program kerja tahunan agar makin erat kebersamaan, kekeluargaan seluruh masyarakat Maluku di Tanah rantau khususnya se Sorong Raya dan dapat menjadi teladan kebersamaan bagi semua masyarakat meskipun berbeda agama, ras, suku. Nilai pela gandong diterapkan dan menjunjung moto “iris di kuku rasa di daging” di aula YPK Imanuel Minggu (14/7) pukul 14.00 Wit.

Raker ini dihadiri pemuda-pemudi dari Maluku  se-Sorong Ra dengan mengutamakan visi dan misi mewujudkan pemuda Maluku satu rasa, Mandiri, berkualitas dsn bermoral untuk menjaga keutuhan NKRI serta menjaga, mempererat tali persaudaran antar pemuda berdasarkan Pela Gandong.

“Organisasi kemasyarakatan  M1R, merupakan Organisasi yang dibentuk untuk mempererat tali persaudaran pemuda Maluku  dengan menjalin Ikatan secara kekeluargaan, antar pemuda salam  dan sarane di seluruh wilayah Sorong Raya maupun di Indonesia,” kata Ketua M1R.

Misi mengembangkan akhlak Budi pekerti yang luhur, mempererat tali persaudaran antar Pemuda salam sarane dengan mengadakan pertemuan rutin, mengadakan kegiatan Pemuda dalam masyarakat, serta turut serta membantu dalam pengabdian kepada masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan kepemudaan meningkatkan prestasi baik dalam seni olahraga maupun lainnya.

Maluku satu rasa Salam-Sarane, adalah istilah yang tidak lazim lagi bagi orang Maluku. Istilah ini memiliki makna, yakni sebagai identitas budaya yang menjelaskan sistem kepercayaan  tradisional di Maluku, selain sebagai identitas budaya yang menjelaskan integritas sebagai orang Maluku. Salam-Sarane adalah kesatuan jiwa orang Maluku yang menggambarkan Ikatan Pesaudaran Muslim-Kristen

Hal ini  nampak dalam sapaan “Basudara Salam” atau “Basudara Sarane”, sebagai wujud ikatan batin dan ikatan sosial yang begitu kuat.

Maluku satu rasa Salam-Sarane wujud dari ekspresi pemuda-pemudi Maluku yang berada di Sorong Raya  demi  menjaga perdamaian, keharmonisan serta saling menghargai dan menghormati,  satu dengan yang lain.

Organisasi M1R adalah  pemuda – pemudi Maluku yang mencintai persatuan dan kesatuan NKRI. (REN/J.SIGALINGGING/IWO)

1 KOMENTAR

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.