Rapat Koordinasi Doa dan Puasa Bersama Tokoh Lintas Agama

0
49
Rapat Koordinasi dan Doa Puasa Bersama Tokoh Lintah Agama Subbag Hukum dan KUB-Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, di Hotel Horison Jaya, Sabtu 11 Mei 2019
- Iklan Berita 1 -

JAYAPURA, Monitorpapua.com – Rapat Koordinasi dan Doa Puasa Bersama Tokoh Lintah Agama Subbag Hukum dan KUB-Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, di Hotel Horison Jaya, Sabtu 11 Mei 2019, pukul 16.30 Wit

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH., Waka Bintal Dam XVII/Cenderawasih Letkol CAJ Roberth Haposan Pandiangan, Kepala PKUB Kementerian Agama RI  Dr Saefudin  M.Pd., Kakanwil Kementrian Agama Pdt Amsal Yowei, Wakil ketua FKUB Prov Papua Uskup Jayapura Bpk Mgr Dr Leo Laba Ladjar OFM., Ketua PGGP Pdt MPA Mauri  S.th, Wakil ketua MUI Kh Haji Drs Umar Bauw Al Bintuni, Tokoh- tokoh lintas agama Provinsi Papua dan Bpk Paulus Tasik Galle sebagai Moderator.

Kegiatan diawali dengan sambutan  Kepala PKUB Kementrian Agama RI, Kabid Humas Polda Papua, Waka Bintal Kodam XVII Cenderawasih, Kakanwil Kementrian Agama, Wakil Ketua FKUB Prov Papua, para tokoh lintas agama baik dari seluruh agama yang ada di Papua.

Sejak peraturan bersama Menteri tahun 2006 sampai sekarang yang diandalkan itu instrumen hukumnya itu,  tetapi yang justru sangat dibutuhkan di masyarakat justru bagaimana agar antar umat beragama itu bisa terjadi saling menghargai saling toleransi saling mendukung apa yang disebut dengan konsep multikulturalisme.

Dalam konteks ke-Indonesia-an, kita memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Itu karena menurut saya di sini lah kita memil8punya beberapa masalah, anak bangsa yang belum memiliki komitmen yang sungguh-sungguh.

Perhatian untuk tokoh-tokoh agama ini untuk mendekatkan diri dengan pemerintah daerah untuk menjawab masalah ini yang sedang saya kampanyekan di manapun saya berbicara di hadapan para tokoh tokoh bupati wakil bupati Gubernur wakil gubernur dan para pengambil kebijakan dan jangan berbicara tentang uang, masalah isu kerukunan bagaimana nasib mereka memiliki wawasan tentang adanya kesatuan Republik Indonesia yang memiliki motto Bhinneka Tunggal Ika.

Jangan biarkan satu umat beragama menangani masalah-masalah ini melalui lembaga pendidikan tanpa melibatkan umat-umat lain Jadi tidak ada yang pahlawannya hanya satu warna pahlawannya,6 kebersamaan itu forum kerukunan umat beragama itu memberikan satu tawaran teman-teman kita untuk bisa seperti itu untuk bisa bergerak bersama-sama mengharap khususnya generasi generasi muda milenial sekarang beberapa lembaga yang menangani bagaimana mensosialisasikan di Kementerian Agama.

Kebijakan yang terakhir ini adalah yang di monopoli oleh Pak Menteri Agama sekarang adalah namanya moderasi beragama itu agama sebagai ikhtiar untuk menjaga kebersamaan umat, bagaimana agar umat itu bisa hadir bersama-sama lintas agama di setiap konteks persoalan bangsa yang dihadapi Jangan sampai kita kecolongan kita sudah cukup belajar dari sejarah di mana masalah agama itu pernah menjadi faktor pemecah suatu eksistensi kebangsaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan Doa  buka puasa oleh Wakil ketua MUI Kh Haji Drs Umar Bauw Al Bintuni. Serta Doa berantai tokoh lintas agama yang ada di Provinsi Papua.

Sambutan Wakil ketua FKUB Prov Papua Uskup Jayapura Bpk Mgr Dr Leo Laba Ladjar yaitu, Kami dari pengurus FKUB mau menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kakanwil kementerian beragama yang sudah menjadi penyandang dana untuk pertemuan ini dan dari pusat yang pasti juga menyokong sehingga kita tidak berkekurangan mudah-mudahan dengan fasilitasi ini kita semua makin rukun bersatu dan membantu umat kita supaya juga rukun bersatu.

Tantangan yang sampai sekarang memang tetap besar dan karena itu kita mudah-mudahan dengan kesempatan berkumpul dan berdoa bersama perasaan persaudaraan antara kita juga makin kuat sehingga kita juga nanti kita masing-masing kita tidak menciptakan sertakan dan perpisahan atau bersaing. (Arifin.P/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.