STIKES Papua Sorong Lakukan Uji Kompetensi Profesi Ners Periode 2019

0
284
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Pelaksanaan Uji Kompetensi bagi lulusan Profesi Ners Periode Juli 2019 bertempat di CBT STIKES Papua Sorong berlangsung dengan baik dan lancar. Peserta Uji Kompetensi sebanyak 116 peserta. Uji Kompetensi merupakan prasyarat untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi yang diikuti mahasiswa bidang kesehatan pada akhir masa pendidikan.

Terkait hal itu, mereka yang telah mendapatkan Sertifikat Kompetensi akan terdaftar sebagai tenaga kesehatan sehingga dapat bekerja di Rumah Sakit swasta maupun negeri, klinik serta membuka praktik mandiri.

Tujuan uji kompetensi adalah negara mengakui hasil lulusan dan memberikan pengakuan atas kompetensi lulusan terhadap kompetensi lulusan yang relevan dengan kompetensi kerja untuk dapat menjamin keselamatan pasien dalam praktik.

Dengan uji kompetensi ini, diupayakan lulusan perawat mempunyai kemampuan analisis yang baik terkait dengan pelajaran yang telah diterima di perguruan tinggi kemudian layak  menjadi tenaga kesehatan yang kompeten. Selain hal tersebut, uji kompetensi nasional dapat dijadikan sebagai bagian dari penjaminan mutu pendidikan dan akreditasi prodi, utamanya prodi kebidanan, perawatan dan NERS.

Demikian dijelaskan para Pengawas Lokal Maylar Gurning, S.Kep., Ners., M.Kep, Dirgantari pademme, S.Kep., Ners., M.Kep Ivana Nasedum., S.kep., Ners., MARS, Admin  Irma idris, S.Kep., Ners., M.Kes. IT Mikha Ursinus, S.Kom Koordinator CBT Felix Mailoa, SKM., MPH.

Sedangkan Pengawas daerah, L. Zainudin, S.Kep., Ners, M.Kep. berasal dari STIKES Tannawali Takalar Sulawesi Selatan.

Jumlah peserta 116 orang; Dibagi dalam 3 sesi ujian.

Sesi pertama berlangsung selama 10.30 sampai jam 13.30 berjumlah 45 peserta. Sesi dua jam 14.30 sampai jam 17.30 diikuti 45 peserta. Sesi 3 dilakukan di hari minggu jam 10.30 sampai jam 13.30 dengan 26 peserta.

Jumlah mahasiswa lulusan Ners stikes papua sorong berjumlah 75. Dan Ners dari luar stikes papua berjumlah 41. Ners dari luar stikes papua ada yg dari jakarta, jogyakarta, makasar, dan ambon44 Ujian UKOM dilaksanakan sabtu dan minggu tgl 20 dan 21 juli 2019, jam 10.30 untuk sesi pertama.

Namun satu jam sebelumnya peserta ujian harus sudah siap di kampus STIKES Papua Sorong untuk CBT=Computer Data.Nsss BASE TEST (tes yg menggunakan komputer) soal ujiannya 180 nomor diselesaikan dalam Tujuan ujian kompetensi ini adalah untuk meningkatkan kompetensi ners untuk menjadi ners yang profesional dan hasil ujian komptensi ini juga  sebagai syarat untuk memperoleh STR.

STR dijadikan sebagai syarat untuk bekerja di Rumah sakit Negeri maupun Swasta, Puskesmas, klinik serta bisa membuka praktek mandiri. Karena tanpa STR maka tidak dapat bekerja atau membuka praktek. (J.SIGALINGGING/REN/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.