Belajar Literasi-Numerasi, Unicef Mitra UNBN Membangun Pendidikan di Tanah Papua

27

SORONG, Monitorpapua.com – Universitas Nani Bili Nusantara (UNBN) Sorong, mendapat kunjungan dari Kemitraan Unimuda-Unicef untuk menyelenggarakan kegiatan “Konsolidasi Integrasi Literasi Baca Tulis dan Numerasi Kelas Awal  Berbasis Pendidikan Inklusif dan Disiplin Positif ke dalam Kurikulum Kampus Merdeka Belajar” yang dilaksanakan di Kampus UNBN 20-22 Oktober 2022.

Rektor UNBN DR. Stevanus Malak, Drs. M.Si. diwakili
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Keguruan, Ronald Salomena, S.IP., M.Adm.Pem., menyambut kedatangan Tim Unicef dan mengucapkan selamat datang kepada General Manager, Nursalim, M.Pd., Kemitraan Unimuda-Unicef serta stafnya di Kampus UNBN Sorong, Papua Barat.

Kedatangan Tim Unicef ini untuk menindaklanjuti
kegiatan pembekalan kepada mahasiswa UNBN terkait Literasi dan Numerasi yang telah dilaksanakan Unicef kepada para dosen pengampu dari 7 Perguruan Tinggi se Papua yakni  kegiatan ToT Literasi Baca Tulis dan Numerasi Kelas Awal  Berbasis Pendidikan Inklusif dan Disiplin Positif.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh General Manager, Nursalim, M.Pd.,  didampingi Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Keguruan UNBN Ronald Salomena, S.IP., M.Adm.Pem., Kaprodi PGSD, Haryo Souisa, SP.d., M.Pd., Kabiro Keuangan, Imel Siahaya, S.Pd.K., Dosen Pemateri Irianto M.Ali, S.Pd., M.Pd., dan Laurentius Reresi, S.S.,M.M.,hadir juga dosen dan Staf UNBN,  dihadiri 30 Mahasiswa peserta kegiatan Literasi Numerasi, 20-22 Oktober 2022.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Keguruan UNBN Ronald Salomena, S.IP., M.Adm.Pem., menegaskan
pembekalan Ini merupakan salah satu bentuk upaya menjawab tantangan literasi numerasi di Tanah Papua.
“Melalui pembekalan ini, mahasiswa calon guru sekolah dasar UNBN  tentu memiliki keterampilan pedagogis yang baik,” ucap Ronald

Tentu, lanjut Dekan Ronald, pada waktunya, mahasiswa calon guru ini mampu menyeleggarakan pembelajaran yang inklusif, efektif, menyenangkan,   tanpa kekerasan mengajarkan baca tulis serta berhitung kepada siswa-siswi khususnya siswa kelas awal.

Kesempatan itu, General Manager Kemitraan Unimuda-Unicef, Nursalim, M.Pd., mengatakan Mahasiswa menjadi pelopor kemajuan bangsa dan negara. Maka Unicef bekerjasama dengan Tujuh Perguruan Tinggi sebagai mitra program Unicef menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi generasi muda di provinsi Papua dan Papua Barat.

Mitra Unicef antara lain, Universitas Nani Bili Nusantara (UNBN) Sorong, Universitas Cenderawasih Jayapura, Universitas Satya Wiyata  Mandala Nabire, Universitas Muhammadiyah Sorong, STKIP Muhammadiyah Manokwari, STKIP Biak dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong.

“Kegiatan ini bertujuan  memperkuat komitmen kerja sama antara Kemitraan Unimuda Sorong serta 7 Perguruan Tinggi di Papua dan Papua Barat terang GM Nurslim, M.Pd.,

Lebih lanjut kata Nursalim, Literasi Baca Tulis dan Numerasi Kelas Awal  berbasis pendidikan inklusif dan Disiplin Positif menjadi sebuah perencanaan yang telah dilaksanakan tujuh  Perguruan Tinggi di Tanah Papua.

Tentu bisa menjadi  kurikulum kampus merdeka serta menjadi mata kuliah wajib, terutama di program studi pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Maka pihak UNBN telah menyiapkan 30 Mahasiswa untuk mendapat pembekalan selama 3 hari sejak 20 Oktober – 22 Oktober 2022, mulai pukul 09:00 Wit sampai pukul 17:00 Wit dan didampingi para Dosen Pengampu dari Unimuda dan UNBN Sorong. (Laurent R)

- Iklan Berita 2 -

Berikan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini