Bupati Gabriel Titip Pesan Kepada Presiden RI

0
115

Monitorpapua.com, Tambrauw – Bupati Kabupaten Tambrauw, Gabriel Asem, SE.MSi menyampaikan pesan penting kepada Presiden RI Ir.Joko Widodo melalui Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Ignatius Jonan terkait pembangunan insfrastruktur di Kabupaten Tambrauw yang mengalami peningkatan namun harus mendapat perhatian  dari Presiden RI.  Pesan tertulis ini telah disampaikan Bupati kepada Menteri ESDM, Gubernur, DPR RI dan seluruh masyarakat Tambrauw  sewaktu peresmian PLTMH Warabiyai dan Bandar Wereur.

Pesan yang sifatnya usulan disampaikan Bupati kepada Presiden melalui Menteri ESDM, Ignasius Jonan untuk ditindaklanjuti melalui bantuan APBN.

Bupati Kabupaten Tambrauw, Gabriel Asem menyebutkan beberapa pembangunan infrastruktur yang menjadi potensi peningkatan sumber pendapatan hingga saat ini belum terselesaikan dengan baik karena terkendala anggaran.

“Kami sangat mengharapkan perhatian penuh dari Pemerintah Pusat untuk membantu pembangunan di Kabupaten Tambrauw demi percepatan pembangunan,” pintah Bupati

Bupati Tambrauw menitip pesan sebagai usulan kepada Presiden melalui Menteri ESDM agar memperhatikan beberapa pembangunan infrastruktur yang belum terselesaikan. Pertama menyangkut peningkatan ruas jalan Nasional Sorong-Makbon dan Mega dengan panjang 106 KM. Karena menurutnya ruas jalan nasional ini merupakan trans Papua Barat melalui ibukota Kabupaten Tambrauw baru dilakukan peningkatan dengan kontruksi pembangunan jalan hotmix sebanyak 43 KM. Sedangkan sisanya sebanyak 63 KM masih merupakan jalan pengerasan tanah.

Kedua menyangkut peningkatan ruas jalan stategis nasional Mega-Sausapor dan Kwoor. Dari 32 KM baru 4 stengah KM ditingkatkan menjadi hotmix dengan menggunakan dana APBD dan sisa 27,5 KM masih beralaskan tanah.

“Karena anggaran untuk pembangunan jalan dari Mega-Sausapor ke Kwoor sebesar 300 miliar lebih. Untuk itu saya berharap kepada pemerintah pusat untuk membantu pembangunan ini melalui APBN supaya mempercepat pembangunan jalan,” jelasnya.

Ketiga, pengembangan pelabuhan Sausapor dari awal hingga saat ini tidak mengalami perubahan yang signifikan. Karena itu Bupati berharap kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan dapat mempertimbangkan untuk mengembangkan pelabuhan ini agar kapal dengan kapasitas besar bisa bersandar di pelabuhan tersebut.

Keempat, menyangkut bantuan lampu jalan di seluruh ruas jalan Kabupaten Tambrauw mengingat wilayah Kabupaten Tambrauw sangat luas sehingga meminimalisir adanya kecelakaan jalan.

Diharapkan kepada Pemerintah Pusat agar memperhatikan kebutuhan pembangunan di wilayah Kabupaten Tambrauw sehingga percepatan pembangunan di wilayah tersebut bisa teralami dan mengalami perkembangan. (Laurent R/Melvin G)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.