Diakon Matius Wujudkan Program Kerja Komsos Keuskupan Manokwari Sorong

0
169
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Ketua Komisi Keuskupan Manokwari Sorong (KMS) Diakon Matius Syukur yang telah menggantikan Pastor Aloisius Susilo mengatakan Komsos Keuskupan Manokwari Sorong harus terus berkarya meningkatkan komunikasi sosial kepada umat manusia di muka bumi ini.

Namun utamanya bagaimana mengkomunikasikan substansi dasar nilai-nilai Injili di tingkat Paroki, Keuskupan dan melanjutkannya ke Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI). Maka langkah pertama adalah menghimpun seluruh pegiat Komsos Paroki untuk memahami visi-misi Komsos KMS. Jika sudah terbentuk dengan baik maka program-program kerja dapat terlaksana juga dengan penuh tanggung jawab.

Hal ini dikatatakan Ketua Komsos KMS, Diakon Mateus Syukur saat membuka pertemuan Komsos KMS di Gedung Pertemuan Seminari Petrus van Diepen Aimas Kabupaten Sorong, Minggu, 23 Agustus 2020.

Lebih lanjut Diakon Machu panggilan akbrab Ketua Komsos KMS itu menegaskan untuk meningkatkan kemampuan semua pegiat Komsos Paroki, maka pihaknya sebagai Ketua Komsos KMS, mengundang para pegiat Komsos Paroki wilayah Kota dan Kabupaten Sorong untuk duduk bersama memahami visi-misi Komsos.

Menurut Ketua Komsos KMS, Diakon Machu panggilan akrab di kalangan siswa Seminari mengatakan untuk mewujudkan kegiatan di tingkat Paroki dan Keuskupan seluruh pegiat Komsos KMS perlu memahami Visi dan Misi Komsos KMS.

“Visi Komsos KMS adalah mewujudkan partisipasi umat sebagai anggota Gereja untuk berperan aktif membangun komunikasi sosial yang berlandaskan iman Katolik di Keuskupan Manokwari Sorong,” terang Ketua Komsos KMS.

Sedangkan Misi Komsos KMS, Pertama, Menjalin kerja sama dalam bidang pastoral komsos dari paroki, keuskupan dan KWI.

Kedua, Mewartakan kabar sukacita injil melalui media Komunikasi baik media cetak, elektronik mauoun virtual yang ditangani Komsos KMS.

Ketiga, Menjaring Orang Muda Katolik (OMK) yang berbakat untuk berperan aktif mewartakan sukacita Injil melalui media sosial.

Keempat, Mendokumentasikan segala bentu kegiatan Gereja di Keuskupan Manokwari Sorong.

“Jadi, Komsos KMS melaksanakan fungsi sebagai ‘public relation’ untuk Paroki, Keuskupan dan KWI. Komsos juga medokumentasikan aktivitas Gereja Katolik, membangun komunikasi yang baik antara pemimpin dengan yang dipimpin, membagi informasi yang valid dari bawah ke atas, atas ke bawah,” terang Diakon Machu.

“Program Kerja yang kita lakukan sekarang adalah menumpulkan data kegiatan umat dari Paroki dan Keuskupan sepanjang tahun. Bekerja sama dengan komsos tingkat paroki dalam keuskupan dan menerbitkan bulletin dan update informasi melalui facebook dan youtube agar diketahui pembaca,” tambah Diakon.

Hadir dalam rapat penyusunan program pegiat komsos Paroki Santo Fransiskus Xaverius Makbusun, Paroki Santo Bernadus, Paroki Santo Yohanes Pembaptis dan Paroki Santo Arnoldus Jansen.

Salah satu hasil keputusan rapat, Komsos KMS segera meminta nama-nama pegiat Komsos Paroki agar nama-nama pegiat diketahui Komsos KMS dilantik dan siap diutus bekerja mewartakan kasih Tuhan melalui Komsos KMS. Acara pertemuan ditutup dengan jamuan kasih yang disiapkan siswa-siswa Seminari Petrus van Diepen. (Ren/MP)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.