Gereja Katolik Berduka, Yang Mulia Uskup Timika Mgr. John Philip Saklil Wafat

0
555
RIP, Yang Mulia Uskup Timika Mgr. John Philip Saklil
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Gereja Katolik berduka. Telah dipanggil Allah Sang Pencipta Yang Mulia Uskup Timika Mgr. John Philip Saklil, Sabtu, 3 Agustus 2019.

Berita Duka disampaikan Romo Amandus Rahadat Pastor Plebanus Katedral 3 Raja Timika kepada Sekjen KWI di Jakarta.

“Dari ruang ICU, disampaikan bahwa telah wafat Uskup Keuskupan Timika di RSMM Timika, hari ini, Sabtu, 3 Agustus 2019 jam 14.10. Mohon Doa,” ungkap Romo Amandus Rahadat Pastor Plebanus Katedral 3 Raja Timika.

Berita duka turut juga juga dikirim Pastor Lobya Heri, OSA kepada Redaksi.Monitorpapua.com bahwa Yang Mulia Mgr. John Philip Saklil, Pr., lahir di Kokonao, Mimika Barat, Mimika, Papua, Indonesia, 20 Maret 1960 ditahbiskan menjadi Uskup pada Umur 59 tahun adalah Uskup di Keuskupan Timika yang telah menjabat sejak 19 Desember 2003 telah dipanggil Bapa di Surga selamanya, Sabtu 3 Agustus 2019. STFT Fajar Timur berduka di Tanah Papua,” ungkap Pastor Lobya Heri OSA.

Data yang diterima Redaksi Monitorpapua.com. Yang Mulia Uskup Timika Mgr. John Philip Saklil ditahbiskan menjadi imam diosesan Keuskupan Jayapura pada tanggal 23 Oktober 1988. Bersamaan dengan pendirian Keuskupan Timika sebagai pemekaran dari Keuskupan Jayapura, Mgr. Saklil ditunjuk sebagai Uskup pertama Timika pada 19 Desember 2003.

Ia ditahbiskan sebagai uskup pada 18 April 2004. Ia ditahbiskan oleh Mgr. Leo Laba Ladjar, O.F.M. sebagai Penahbis Utama, didampingi oleh Uskup Agung Emeritus Merauke, Mgr. Jacobus Duivenvoorde, M.S.C. dan Uskup Agats, Mgr. Aloysius Murwito, O.F.M.

Sebagai Uskup, Yang Mulia Mgr. John Philip Saklil memilih moto “Parate viam Domini” (Mat 3:3, par. Mrk 1:3, Luk 3:4). Hal ini merupakan suatu seruan kenabian yang ditujukan kepada semua orang, terutama seluruh yang terlibat di Keuskupan Timika untuk bertobat, menyiapkan diri, membersihkan hati, supaya diselamatkan oleh Tuhan.

Pada 25 Juli 2004, ia menjadi Uskup Penabhis Pendamping bagi Mgr. Nicolaus Adi Seputra, M.S.C. sebagai Uskup Agung Merauke. Pada Kamis, 7 Oktober 2010, Gereja Katedral Tiga Raja Timika ditahbiskan, dengan selebran utama Mgr. Leopoldo Girelli. Pesta terkait penahbisan gereja katedral ini telah berlangsung sejak satu minggu sebelumnya.

Yang Mulia Mgr. John Philip Saklil berulang kali mengajak umat Keuskupan Timika untuk menggali potensi yang ada, demi terwujudnya Gereja lokal yang mandiri.

Sejak 2009 hingga 2015, ia terpilih menjadi Ketua Komisi Kepemudaan KWI. Semasa jabatannya, ia membaca keprihatinan Orang Muda Katolik yang telah lama terjadi. Hal ini membawa kepada pelaksanaan Indonesian Youth Day pertama yang diselenggarakan di Sanggau.  Paus Benediktus XVI menyatakan kegembiraan atas pelaksanaan IYD 2012 tersebut.

Selain sebagai Uskup Timika, Mgr. John Philip Saklil mendapat tugas dari Kepausan sebagai Administor Apostolik Keuskupan Agung Merauke Papua.

“Selamat Jalan Gembala Ku. Tuhan menyambut bersama para Malaikat Kudus di Sorga”  (P.H.LOBYA/LAURENT R/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.