Kerukunan Umat Katolik Sulawesi Utara (KUKSU) Tampil Mewarnai Perayaan Malam Paskah

0
311
Misa Vigili Paskah di Paroki Santo Petrus Remu Kota Sorong (20/4).
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Kerukunan Umat Katolik Sulawesi Utara (KUKSU) Kota Sorong mensponsori misa Vigili Paskah memadati tempat koor utama. Dengan berpakaian khas Sulawesi Utara, juga KUKSU menampilkan lagu dan tarian Kebangkitan Tuhan di Malam Paskah di Paroki Santo Petrus Remu Kota Sorong, (20/4).

Umat Katolik Paroki St. Petrus Remu Sorong memenuhi seluruh ruang Gereja bahkan sebagian umat membanjiri halaman Gereja dan jalan raya yang sementara ditutup untuk perayaan Misa Malam Paskah.

Perayaan malam Paskah dengan melakukan Misa Sabtu Suci atau disebut Vigili Paskah disponsori Kerukunan Umat Katolik Sulawesi Utara (KUKSU) tampil mewarnai Liturgi Ekaristi malam Paskah, dipimpin Uskup Manokwari Sorong, Yang Mulia Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr. Sabtu (20/4).

Perayaan Vigili Paskah merupakan bagian dari pekan suci Paskah yang dirayakan oleh umat Katolik di seluruh dunia. Pekan suci ini diawali dengan Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah.

Uskup Hilarion Datus Lega, Pr didampingi Pastor Alex Bane, Pr dan Pastor Jhon SVD memimpin misa kudus bersama umat paroki St. Petrus Remu melalui empat bagian liturgi. Pertama, Upacara Cahaya, Kedua Upacara Sabda, Ketiga upacara Pembabtisan dan Keempat Upacara Liturgi Ekaristi.

Upacara Cahaya diawali dengan pemberkatan api baru, lilin Paskah, perarakan lilin Paskah dan pujian Paskah mulai dari luar menuju masuk ke dalam gereja.

 Kemudian dilanjutkan Liturgi Sabda terdiri dari tiga bacaan dari perjanjian lama digabungkan dalam liturgi sabda Epistola, pemakluman Alleluya Agung, bacaan Injil dan Homili.

Dalam perayaan berlangsung, satu orang anak bergabung menjadi anggota baru Gereja Katolik dan dua orang menerima pembaptisan dari Uskup.

Perayaan misa malam Paskah berlangsung hikmat, aman dan lancar disponsori Kerukunan Umat Katolik Sulawesi Utara (KUKSU) Sorong Papua Barat. (Soter R/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.