Keuskupan Timika : Rufinus Tigau adalah seorang Katekis di Paroki Jalae Tertembak

0
207
Pastor Marthen Kuayo
- Iklan Berita 1 -

TIMIKA, Monitorpapua.com – Administrator Diosesan Keuskupan Timika, Keuskupan Timika : Rufinus Tigau adalah seorang Katekis di Paroki Jalae. Berkaitan insiden penembakan di Kampung Jalae, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya yang menewaskan Rufinus Tigau dan melukai seorang anak bernama Herman Kobagau pada Senin (26/10/2020), Keuskupan Timika menegaskan bahwa Rufinus Tigau adalah benar seorang Katekis yang bekerja di Gereja Katolik stasi Jalae.

Rufinus telah bekerja sebagai Katekis di Paroki Santo Michaelel Bilogai sejak tahun 2015. Rufinus dilantik sebagai Katekis oleh Pastor Paroki Santo Michaelel Bilogai, Pastor Yustinus Rahangier Pr menggantikan Katekis yang meninggal, Bpk Frans Wandagau. Rufinus membantu Pastor di Paroki Jalae karena Pastor yang bertugas di Jalae bukan orang lokal sehingga tidak paham bahasa lokal dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kontek budaya lokal.

Sebelum penembakan Rufinus, seorang Katekis di Gereja Stasi Emondi, Agustinus Duwitau (yang dilantik setelah pelantikan Rufinus) juga ditembak oleh aparat keamanan pada tanggal 7 Oktober 2020. Agustinus ditembaki dalam perjalanan ke Emondi. Saat ini Agustinus masih menjalani perawatan karena luka tembak yang dialaminya
Paroki atau gereja selalu butuh orang yang sekolah atau bisa baca tulis untuk menjadi pewarta seperti Rafinus. Dalam ibadah setiap minggu pewarta juga berdiri di depan mimbar bersama dengan pastor. Karena pastor baca Alkitab dan khotbah dalam bahasa Indonesia, pewarta langsung menterjemahkan lisan dalam bahasa lokal, agar umat yang tidak mengerti bahasa Indonesia bisa paham dan ikut ibadah.
Dalam acara natal bersama Katekis Rufinus menjadi penterjemah khotbah dalam bahasa daerah.
Tuduhan bahwa Rafinus terlibat dalam gerakan separatis atau kelompok bersenjata yang dituduhkan kepadanya adalah tidak benar.
Saat ini, Keuskupan Timika sedang menyusun laporan dan kronologis insiden penembakan yang menewaskan Rafinus.
Demikian Laporan yang diterima Ikatan Wartawan Online (IWO) dari Administrator Diosesan Keuskupan Timika
Pastor Marthen Kuayo (Rlis/MP)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.