Momen Bersejarah Penandatangan Pakta Integritas Kementerian Agama

34

SORONG, Monitorpapua.com – Inspektur Jenderal Kementerian Agama, Dr. H. Faisal Ali Hasyim, S.E., M.Si., CA., CSEP menyaksikan penandatanganan pakta integritas dihadiri dan didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Luksen Jems Mayor, para kepala kantor Kementerian Agama dari berbagai kabupaten dan kota di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat serta seluruh ASN waktu lalu

Pakta integritas yang ditandatangani para Kepala Kantor Kemenag itu, terdapat sembilan poin yang merupakan turunan langsung dari arahan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Beberapa poin penting dalam pakta integritas adalah:

• Wilayah Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih: Seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian Agama, termasuk kantor, madrasah, dan entitas lainnya, berkomitmen untuk menjadi wilayah bebas korupsi dan melayani dengan birokrasi yang bersih.

• Efisiensi Tata Kelola: Upaya efisiensi tata kelola meliputi penertiban Barang Milik Negara (BMN), percepatan penyelesaian izin rumah ibadah, dan sertifikasi tanah wakaf. Pada rapat kerja ini, disepakati untuk menyelesaikan 29 sertifikasi tanah wakaf pada bulan Oktober, serta melakukan mandatori sertifikasi halal bagi 358 UMKM yang dijadwalkan selesai pada Oktober 2024.

• Literasi dan Penguatan Moderasi: Upaya literasi moderasi diperkuat di seluruh madrasah, sekolah menengah teologis, dan sekolah umum. Selain itu, dilakukan penguatan moderasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan ekstrakurikuler bagi sekolah keagamaan dari berbagai agama.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Luksen Jems Mayor, menyatakan ini merupakan beberapa amanat dari Menteri Agama yang telah dan sedang dilaksanakan. Kehadiran Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI di Sorong menjadi momentum yang tepat untuk melaporkan progres ini.

“Melalui penandatanganan pakta integritas ini, diharapkan terciptanya lingkungan kerja yang bersih, transparan, dan berintegritas tinggi di lingkungan Kementerian Agama,” tegas Kakanwil Papua Barat.
(Laurent R)

- Iklan Berita 2 -

Berikan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini