Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Buka Puasa Bersama Kesiapan Operasi Matoa 2019 Polda Papua

0
21
Kapolda Papua Brigjen Pol Drs. Rudolf A. Rodja memberikan sambutan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Buka Puasa bersama
- Iklan Berita 1 -

JAYAPURA, Monitorpapua.com – Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Buka Puasa bersama telah dilaksanakan dalam rangka kesiapan Operasi Ketupat Matoa 2019 Polda Papua demi meningkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada hari raya Idul Fitri 1440 H Tahun 2019, bertempat di aula Rastrasamara Mapolda Papua, Jumat (24/5) pukul 15.40 Wit

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Papua Brigjen Pol Drs. Rudolf A. Rodja, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yoshua Pandit Sembiring, Wakil Gubernur Propinsi Papua Klemen Tinal, SE. MM, Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI Mar. Nurri Andrianis Djatmika, Danlanud Silas Papare Marsma TNI Ir. Tri Bowo Budi santoso, Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, para pejabat utama Polda Papua, unsur Forkopimda, Bulog Papua, BMKG, Pertamina, Rapi, Ansor, MUI, Basarnas.

Wakil Gubernur Propinsi Papua, dalam sambutannya mengatakan pertama-tama pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Papua yang telah menyelenggarakan rapat koordinasi ini. Papua adalah contoh kemajemukan dari saudara-saudara kita yang berada di daerah lain, karena daerah lain selalu memiliki mayoritas dari suku dan agama. Sedangkan Papua merupakan Indonesia kecil yang didalamnya terdapat masyarakat yang heterogen.

Lebih lanjut kata Wagub, Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1440 H tahun 2019 yang akan berlangsung beberapa hari lagi kita harus bersama-sama menjaga kerohanian walaupun itu dari instansi maupun masyarakat pemerintah percaya TNI-POLRI bersama masyarakat selalu dapat menjaga kedamaian di Papua.

Pagdam XVII Cenderawasih berkesempatan menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan tiap tahun dan sudah merupakan agenda nasional perayaan Idul Fitri di Papua dan luar daerah memang berubah dikarenakan daerah kita yang berbeda bukan merupakan daerah mudik.

Menurut Pangdam XVII Cenderawasih, Jajaran TNI siap memberikan bantuan baik di udara, laut dan darat dan kami pun siap memberikan bantuan baik itu pengamanan sholat Idul Fitri. Kami berharap hari raya nanti berjalan kondusif, mari kita mencontoh negara lain yang selalu memiliki saling hormat menghormati.

Walaupun negara kita merupakan negara majemuk tapi Papua merupakan miniatur Indonesia yang terdiri dari berbagai macam ras, suku dan agama. TNI selalu siap memberikan bantuan dalam kondisi apapun demi mendukung dan menciptakan stabilitas keamanan yang kondusif.

Sambutan Kapolda Papua, TNI-Polri saat ini sedang melaksanakan OMB yang belum selesai, ada dinamika dalam pelaksanaan operasi ini di beberapa daerah di luar Papua, bersyukur Papua daerah yang aman.

Kapolda menerangkan untuk kegiatan Operasi Ketupat pada tahun ini ada beberapa poin yang harus diperhatikan, di antaranya akan dilaksanakan libur selama 11 hari yaitu mulai dari tanggal 30 Mei- 9 Juni 2019.

Kami berharap BUMN Pertamina, Bulog dan PLN dapat menyampaikan kesiapan dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri dan instansi lainnya terutama yang menyentuh langsung kesiapan hari raya Idul Fitri.

Mengingat kejadian di Danau Toba beberapa tahun lalu, agar Basarnas menyiapkan sarana dan prasarana jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Rapat Koordinasi ini tidak selesai di sini tapi masih ada beberapa hari lagi dimana akan kita implementasikan kegiatan ini, operasi ketupat akan berlangsung tanggal 28 Mei 2019 dan 29 Mei 2019.

Rapat Koodinasi yang dilaksanakan ini untuk mengetahui kesiapan dari tiap tiap instansi terkiat sehingga umat Muslim yang merayakan hari raya Idul Fitri dapat dilaksanakan dengan nyaman mulai dari menjelang hingga perayaan nanti.

Kebutuhan bahan pokok hingga transportasi bagi masyarakat yang berpergian dapat menikmati semua dengan aman dan lancar.

Dari semua stakholder yang hadir dalam pertemuan tersebut sudah menyampaikan kesiapannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama pelaksanaan hari raya Idul Fitri khususnya di Papua.

Satgas Pangan yaitu dari Dit Reskrimsus, Bulog dan Balai POM melakukan operasi pasar dengan mengecek bahan makanan yang beredar di pasaran yaitu kelayakan bahan makanan itu sendiri yang salah satunya adalah waktu atau masa kadaluarsa.

Karo Ops Polda Papua menambahkan untuk personel yang terlibat dalam pengamanan Operasi Ketupat Matoa 2019 yaitu sebanyak 718 personel anggota Polri dari Polda Papua maupun dari Polres jajaran. (Arifin P/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.