Rofiul Amri, S.PdI.,M.PdI. : Ko Top, Gemar Papeda, Demi Peningkatan Ekonomi Rakyat 

11

SORONG, Monitorpapua.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sorong Rofiul Amri, S.PdI.,M.PdI. dalam kunjungan kerja ke sejumlah instansi terkait memperkenalkan ‘Gerakan Masyarakat Papua Penuh Damai’ (Gemar Papeda) sekaligus mendorong seluruh stachkholder menggerakan pegawainya untuk menghadiri launching ‘Ko Top Gemar Papeda’, sebagaimana ditetapkan

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanwil) Provinsi Papua Barat, Luksen Mayor, menetapkan Gerakan Masyarakat Papua Penuh Damai (Gemar Papeda) adalah Tagline dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Papua Barat.

“Gemar Papeda” sebagai tagline besar untuk mencapai visi mensejahterakan warga asli Papua di bumi Kasuari lewat harmoni sosial dan kerukunan”.

Demikian dijelaskan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sorong, Rofiul Amri, S.PdI.,M.PdI. dalam kunjungan kerja ke Kodim 1802/Sorong, didampingi Kepala TU Agustinus T. Kombubuhi, SH., bersama Kepala Seksi Bimas Katolik Samuel Helyanan, S.Fils., Kepala Bimas Islam Ahmad Lamba Rahangmetan, S.Ag., Kepala Seksi Pendidikan Islam Sahiruddin, S.Pd., Kepala Urusan Agama Kristen, Daniel Wenno, Kepala Seksi Pendidikan Kristen Musa Maratar, S.Th, Penyelenggara Budha Supriyanto, S.Dt.B., Penyelenggara Hindhu Goto Wahyono, SH., Penyelenggara Haji dan Ummroh Nur’Ain Iskandar Alam, S.Ag.

Kepala Kantor Kemenag Rofiul Amri saat bertemu Dandim Letkol. Cpn Andi Sigit Pamungkas, S.E., M.IP., mengatakan kedatangannya bersama staf untuk mempererat talisilahturahmi sekaligus memperkenalkan ‘Gemar Papeda’.
Tujuan dari ‘Gemar Papeda’ agar bisa meningkatkan perekonomian rakyat Papua, Harmonisasi sosial dan kerukunan umat beragama di Papua Barat dan Papua Barat Daya sehingga rakyat menjadi satu hati membangun Tanah Papua. Tentu hal ini  merupakan kunci utama untuk membangun kesejahteraan rakyat,” ucap Rofiul Amri.

Pendekatan relasinya ada tiga yakni perlindungan, afirmasi, dan pemberdayaan yang mencakup isu pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.
Menurut Rofiul Amri, Kemenag Papua Barat khususnya Kemenag Kota Sorong ingin ambil bagian di bidang ekonomi kerakyatan, membagi kasih kepada semua masyarakat lewat ‘Gemar Papeda’,

“Kami dari Kemenag Kota Sorong telah berkunjung ke sejumlah instansi yakni Pemerintah Kota Sorong, Kodim, Bank Mandiri dan sejumlah pihak untuk mendukung kegiatan ‘gemar papeda’ yang akan dilaunching pada awal bulan Oktober 2023.
“Melalui program pemberdayaan masyarakat ‘Gemar Papeda’ dalam bentuk KO-TOP beli produk lokal mama-mama Papua, kita tingkatkan perekonomian rakyat Papua,” terangnya lagi.
Gemar Papeda dalam bentuk KO-TOP, sudah dilaksanakan hingga ke tingkat kabupaten/kota se-Papua Barat. Program ini di-launching secara bersamaan pada Oktober 2023,” terangnya.
Data media ini, Kemenag Provinsi, rencananya program ini di-launching oleh Pj Gubernur Papua Barat dan Pj Gubernur Papua Barat Daya dan diikuti para Bupati dan Walikota dari kedua provinsi.

Kepala Kantor Kemenag Kota Sorong, Rofiul Amri, gencar mensosialisasikan program ini ke pihak Pemerintah TNI, Polri, BUMN, BUMD, perbankan, perhotelan, dan lembaga-lembaga keagamaan.
“Sesuai visi-misi pemerintah kota Sorong, diharapkan program ini dapat berdampak positif  memajukan ekonomi rakyat dan menciptakan lingkungan masyarakat yang lebih sejahtera di wilayah kota Sorong Papua Daya berkolabirasi dengan Kementerian Agama,” jelas Walikota Sorong.

Beberapa pihak mengalirkan dukungan untuk Program Gemar Papeda dalam bentuk KO-TOP, termasuk Walikota Sorong,
Dandim1802/Sorong, berencana hadiri peluncuran ‘gemar papeda’.
“Kolaborasi Kemenag dan perbankan akan menghidupkan kembali ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat Papua Barat dan Papua Barat Daya,” ujar salah satu Pimpinan Perbankan.

“Kementerian Agama Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya tidak bisa berjalan sendiri, kami membutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder dan seluruh komponen masyarakat  untuk mewujudkan kerukunan demi terwujudnya Papua Barat Daya yang kuat dan rakyat sejahtera,” ucap Kepala Kantor Kemenag Kota Sorong. (Laurent R)

- Iklan Berita 2 -

Berikan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini