Sebanyak 111 Anak Terima Komuni Pertama di Sifnane Omele Tanimbar

0
169
Sebanyak 111 anak dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar menerima Komunio Pertama di Sifnane Omele

SAUMLAKI-SIFNANE, Monitorpapua.com – Sebanyak 111 anak dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar menerima Komunio Pertama didampingi orangtua mengikuti prosesi perarakan perayaan Misa Kudus di Stasi Gereja Katolik Tritunggal Maha Kudus Sifana Omele, Paroki St.Matias Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar Provinsi Maluku,  Minggu 17 November 2019, pukul 08.00 Wit.

Sebelum resmi menerima Komuni Pertama dalam Misa Kudus Perayaan Ekaristi, sebanyak 111 anak ini telah mengikui pelajaran komuni pertama sehingga layak dan pantas menerima Komuni Pertama. Tampak wajah ke 111 putra-putri mengenakan busana putih dan berdasi begitu ceria dan gembira karena hari ini adalah hari yang mereka tunggu-tunggu untuk pertama kali menyantap santapan Rohani Tubuh dan Darah Kristus.

Sebelum anak-anak itu menerima Sakramen Ekaristi, mereka diperkenankan menerima Sakramen Pengakuan Dosa sehingga layak ambil bagian dalam Perjamuan Kudus dan menerima Hosti dan Anggur yang melambangkan kehadiran Kristus dalam Tubuh dan Darah Kristus dengan didampingi orangtua mereka.

Lektor : Johanes H, Grazcio

Misa Kudus di hari Minggu itu sangat sakral dan tertib dipimpin oleh Pastor Simon Petrus Matruty. Pada homilinya, Pastor Matruty menegaskan kepada seluruh umat dan anak- anak penerima komunio pertama, sebelum  menerima Sakramen Ekaristi, wajib menerima Sakramen Pengakuan Dosa. Wajib melakukan pertobatan lebih dahulu, agar  layak dan pantas menerima Tubuh dan Darah Kristus.

Pastor Simon Petrus Matruty juga mengingatkan 111 anak supaya menerima Tubuh dan Darah Kristus dengan hati yang bersih, bisa mengontrol diri, misalnya dengan tidak mengucapkan kata-kata kotor, kasar kepada sahabat atau sesamanya. “Saya berharap kepada orangtua anak-anak komuni pertama, harus menjadi teladan, memberikan pendampingan kepada putra putrinya dalam hidup doa dan menggereja.

Dalam tataperayaan Liturgi, anak-anak mendapat bagian dalam tugas pelayanan. Salah satunya, anak dari Keluarga Johanes Bosco Lamere yakni Johanes Honoratus Grazcio Lamere mendapat tugas menjadi Lektor. Juga ada beberapa anak yang turutserta dalam tugas menggereja.

Seusai misa, dilanjutkan dengan ramah tamah
Pada kesempatan itu, para orangtua memberikan ucapan terima kasih kepada Pastor dan para pembina Komuni Pertama.
Pastor menegaskan kepada anak-anak sejatinya anak-anak sudah paham benar, sesuai dengan pelajaran yang sudah mereka terima, bahwa Tubuh dan Darah Kristus itu  menguatkan kita semua dalam menjalankan kehidupan di dunia ini. Suasana gembira dirasakan orangtua dan anak-anak juga oleh para pembimbing,

Demikianlah rangkaian program persiapan komuni pertama tahun 2019 dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Semoga anak-anak yang sudah menerima komuni pertama ini di dewasakan dalam iman akan Yesus Kristus sebagai Juruselamatnya.

Sebanyak 110 penerima Komuni I akan diikutsertakan sebagai calon untuk menerima Sakramen Krisma pada 22 Desember 2019 oleh MGR. P. C. Mandagi, MSC  pada Syukuran 25 tahun Tahbisan Suci. Proficiat. (Soter/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.