Siswa-Siswi SMA Mendapat Penghargaan dari Universitas Nani Bili Nusantara Sorong

0
55
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Nani Bili Nusantara mengundang Ketua Perwakilan Wilayah, Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Papua Barat, Laurentius Reresi, S.S., M.M., untuk melakukan pelatihan Jurnastik bersama siswa-siswi SMA/SMK se Kabupaten Sorong di Kampus Universitas Nani Bili Nusantara (UNBN) Sorong, Provinsi Papua Barat, Rabu 14 September 2022.

Kegiatan ini untuk menyambut Dies Natalis UNBN ke 6 tahun. Ketua IWO PW Papua Barat menyapa puluhan utusan siswa-siswi dari pelbagai SMA-SMK di Kabupaten Sorong dengan beberapa yel-yel dan permainan sebelum memulai pelatihan jurnalistik tingkat SMA.

Laurent Reresi menyapa siswa-siswi yang telah berkumpul sejak pukul 08.00 Wit, dengan memberikan yel-yel “semangat pagi, dan dijawab pagi, pagi, pagi, yes!

Kemudian, Laurent Reresi, Sang Jurnalis Senior itu bertanya, apakah ada dari siswa-siswi yang pernah bertemu wartawan, membaca beritanya di koran, majalah, media online, menonton siaran liputan di televisi, youtube, membaca berita di internet? Jika pernah maka siswa-siswi telah mengenal sedikit produk jurnalistik.

Selanjutnya, acara ini dibuka dengan Doa dipimpin BEM UNBN. Kemudian Laurent Reresi membuka materi ini dengan pertanyaan apakah siswa-siswi SMA tertarik pada jurnalistik?

“Tertarik,” serempak semua menjawab. “Siswa SMA-SMK perlu mengetahui apa itu jurnalistik,” ujar Dosen UNBN itu menjelaskan Jurnalistik adalah kegiatan mengumpulkan, menyimpan dan memberitakan informasi tentang sebuah peristiwa yang terjadi lalu merekamnya dalam bentuk tulisan, suara, gambar, maupun video untuk disiarkan kepada publik.

“Orang yang melakukan tugas jurnalistik disebut Jurnalis. Misalnya menjurnal data, mengumpulkan informasi, menulis berita, meliput kejadian penting, serta menyebarkan informasi tersebut kepada publik,” jelas Laurent Reresi didampingi Stefi Fun Staf media online www.monitorpapu.com

Kembali pada pertanyaan awal, apakah kalian siswa-siswi SMA tertarik pada jurnalistik? Apabila tertarik, mari kita melatih diri di Kampus Universitas Nani Bili Nusantara (UNBN) Sorong.

Kegiatan Jurnalistik bisa dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik, terutama dasar-dasar jurnalistik, yakni menulis, mengupas secara tuntas cara melakukan wawancara, menulis berita, hingga ke proses penyuntingan sebuah tulisan agar layak diterbitkan.

Membuat terbitan Jurnalistik di Sekolah adalah awal belajar Jurnalistik. Dari judul berita, publik sudah dapat memahami arah penulisan berita, maka berlatih terus dalam kegiatan jurnalistik di lingkungan sekolah merupakan langkah maju menjadi penulis prefesional.

Umumnya produk jurnalistik di sekolah terbit di majalah dinding (mading). Namun, di era milenial ini bukan hal yang tidak mungkin apabila majalah dinding sekolah beralih ke dunia digital dan bisa menjadi produk menarik bagi publik bila ada di antara siswa-siswi SMA-SMK yang mau menjadi Jurnalis.

Pemateri Jurnalistik, Laurentius Reresi, S.S., M.M., lebih lanjut mengatakan, produk jurnalistik berupa informasi, pendidikan, politik, sosial budaya, hukum, paiwisata dan yang bisa menghibur banyak orang.

“Produk jurnalistik tidak selalu serius, bisa juga disampaikan melalui hal-hal yang menarik seperti karikatur, kartun bukan demonstrasi,” tambah Ketua IWO PW Papua Barat.

“Wah menarik sekali,” celetuk Melati Himu, Siswa SMA Negeri 7 Kabupaten Sorong.
“Waktu pelatihan selama 4 jam membuat kami siswa-siswi SMA semakin tertarik dengan Jurnalistik karena pemateri membawanya sederhana, asyik dan menyenangkan,” kata Melatih lagi.

BEM UNBN memberikan kesempatan kepada Pemateri Laurentius Reresi yang juga Dosen UNBN untuk memberikan materi Jurnalistik menjadi empat session, pertama Dasar-Dasar Jurnalistik, Sesion kedua Reportase dan session ketiga Teknik Wawancara serta sesion keempat Teknik Menulis Berita dan Bahasa Jurnalistik.

Akhir dari pelatihan Jurnalistik, para siswa dijamu dengan jamuan makan siang dan sebagai apresiasi kepada para siswa pihak Kampus UNBN akan memberikan tanda penghargaan berupa sertifikat pada puncak Dies Natalis 17 September 2022 di Kampus UNBN yang baru SP 2 Kabupaten Sorong. (Ren/Stefi)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.