Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan ABK KMN Sapurasa Jatuh di Laut Merauke

0
56
- Iklan Berita 1 -

JAYAPURA, Monitorpapua.com – Tim SAR gabungan Sat Polairud Polres Merauke dipimpin langsung Kasat Polairud AKP Micha Toding P, SH,SIK, bersama 3 (tiga) anggota, Patroli TNI AL dan Basarnas Kabupaten Merauke melakukan pencarian terhadap seorang ABK Kapal KMN Sapurasa yang jatuh di Dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara Merauke pada Rabu 10 Juli 2019 pukul 16.00 Wit.

Kronologis penemuan
Pada hari Rabu, 10 Juli pukul 16.00 Wit, pukul 16 Team Personil Sat Polairud Merauke bertolak dari dermaga Mako Polairud menuju kolam bandar dan melakukan penyisiran di sekitar areal pelabuhan perikanan nusantara dan sekitarannya hingga muara sungai Maro Merauke.

Pukul 16.30 Wit pada saat team melintas di sekitar perairan Palputih/muara sungai Maro Merauke, berhasil menemukan korban tenggelam posisi terapung kemudian dilakukan evakuasi.

Pada pukul 16.40 Wit team SAR Sat Polairud, TNI AL dan Basarnas Merauke berhasil mengevakuasi jenasah tersebut keatas Pelabuhan Perikanan Nusantara Merauke dan kemudian di bawa ke kamar jenasah RSUD Merauke untuk dilakukan pemeriksaan Jenazah. Pada pukul 17.00 Wit team SAR Sat Polairud kembali ke Mako Sat Polairud Polres Merauke.

Untuk diketahui, kejadian tersebut terjadi pada Selasa 9 Juli 2019 pukul 01.30 Wit bertempat di Pelabuhan Perikanan Kabupaten Merauke dimana pelapor Ciong Cin (51) sedang tidur di atas kapal KMN. SAPURASA. Kemudian dibangunkan oleh salah satu ABK yang bernama Roland Saputra memberitahukan bahwa teman ABK jatuh ke dalam air dan tenggelam yang bernama Yoni (korban). Mendengar hal tersebut pelapor lalu mengambil senter dan melakukan pencarian di sekitar kapal namun setelah setengah jam pelapor tidak melihat korban selanjutnya pelapor melaporkan pada Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Merauke.

Identitas korban Yoni, Laki-laki, 37 Tahun, warga Watundehoa RT 002 RW 001 Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara.

Langkah-langkah kepolisian yang dilakukan yakni menerima laporan, melakukan koordinasi dengan pihak terkait, melakukan pencarian terhadap korban, menghubungi keluarga korban, mengevakuasi jenazah korban ke RSUD Merauke.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan korban jatuh di Dermaga atau Pelabuhan Perikanan Nusantara Merauke, saat hendak kembali ke atas Kapal melewati tangga pada Selasa 9 Juli 2019, dan setelah dilakukan pencarian selama 2 hari korban berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.
Saat ini Jenasah masih di kamar jenasah RSUD Merauke dan rencana besok pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2019 akan dimakamkan oleh pihak keluarga. (ARIF P/Gerry/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.