Uskup KMS Pimpin Misa Requiem Almarhum Pater Anton Tromp 

175

MANOKWARI, Monitorpapua.com – Tepatnya hari Rabu 10 Mei 2023 diadakan misa requiem untuk mendoakan almarhum Pater Anton Tromp, OSA di Aula Navis SMA Katolik Villanova Manokwari.

Perayaan misa requiem ini dipimpin Uskup Hilarion Datus Lega, selaku Uskup Keuskupan Manokwari Sorong. Dalam kotbahnya Uskup Hilarion menyampaikan refleksi pengalamannya dalam perjumpaannya dengan Pater Tromp.

Menurut Uskup Hilarion, Tromp adalah seorang tokoh pendidikan dan hal itu dibuktikan oleh Pater Tromp dalam tiga hal penting.

Pertama, “ketika pada tahun 2005 saya mendirikan Seminari dan saya memanggil Tromp untuk menanyakan kepadanya nama apa yang dapat berikan pada sekolah seminari ini dan setelah kami berdiskusi, kami putuskan nama sekolah tersebut Seminari Petrus Van Diepen,” ungkap Uskup Hilarion.

Kedua, “Waktu hendak memulai seminari saya kembali menanyakan kepada Tromp, apakah Pater bersedia menjadi Rektor Seminari dan Pater Tromp mengatakan kepada saya bahwa dirinya bersedia,” tururnya.

Ketiga,  “Pada tahun 2010 Pater Tromp menginformasikan kepada saya bahwa Ordo Santo Agustinus ingin mendirikan SMA Katolik Villanova di Manokwari dan hal itu terwujud,” kata Uskup Hilarion Datus Lega.

Perayaan misa requiem ini dihadiri segenap umat beriman, para Imam OSA, Projo, SVD, Biarawan, dan Biarawati. Perayaan misa ini diakhiri dengan pemberkatan jenazah dan berkat penutup.

Kemudian acara perkabungan ini dilanjutkan dengan beberapa sambutan, serta perarakan membawa jenazah Pater Tromp oleh ribuan umat Allah ke peristirahatan terakhir dari Susweni ke Lingkungan SMP Katolik Villanova Maripi.

Jenazah Pater Tromp terlebih dahulu disemayamkan dalam gereja Katolik Salvator Maripi untuk perhormatan terakhir oleh umat serta didoakan sebelum dimakamkan. Doa pemakaman dipimpin oleh Pater Paul Troba, OSA. (H.Lobya)

- Iklan Berita 2 -

Berikan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini